banner 1198x899 banner 1198x899

5 Warga Bolmut Positif DBD, Bolangitang Barat Kendalikan Dengan Fogging

Pengendalian DBD dengan Fogging menyusul temuan warga positif DBD di Desa Iyok, Jumat (12/01/2024)

Bolmut – Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai mengintai di sejumlah desa menyusul perubahan cuaca yang sudah memasuki musim penghujan.

Munculnya gejala penyakit mematikan itu, membuat Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh, bersama Puskesmas Bolangitang dan Dinas Kesehatan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) langsung melakukan pengendalian.

Sebagaimana dipaparkan oleh Camat Kamil, pihaknya telah melakukan upaya pengendalian melalui penyemprotan fogging di Desa Iyok Kecamatan Bolangitang Barat, Jumat (12/01/2024).

“Sudah ada gejala DBD, saya imbau warga Bolangitang Barat agar waspada, di Iyok sudah ada yang terserang, untungnya cepat dibawah ke Rumah Sakit,” ungkap Kamil.

Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh, dalam giat pengendalian DBD di Desa Iyok.

Kamil, mengajak selurug warga Bolangitang Barat senantiasa menjaga sanitasi lingkungan.

“Mari kita jaga kebersihan lingkungan, jangan ada sampah yang berpotensi jentik nyambuk tumbuh dengan metode 3M,” kata Kamil.

Kegiatan 3M itu lanjut Kamil berupa Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air serta Mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

Terkait dengan pengendalian dan pencegahan DBD tersebut tambah Kamil, Ketua TP PKK Kecamatan Bolangitang Barat sudah menurunkan surat kepas TP PKK Desa.

“Ketua TP PKK Kecamatan juga sudah menurunkan surat ke PKK desa agar mengajak warga desa untuk menjaga kebersihan lingkungan sebagaimana kegiatan 3M,” tutup Kamil.

Tim Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Bolangitang dan Pemerintah Kecamatan Bolangitang Barat dalam tindak lanjut pengendalian DBD di menyusul sejumlah warga divonis positif DBD

Sepekan sebelumnya di Desa Iyok ditemukan warga yang diduga terserang DBD, warga tersebut segera dilarikan ke RSUD Bolmut.

Informasi yang diperoleh dari Direktur RSUD Bolmut Firlia Mokoagow, menyebutkan pasien positif DBD yang dirawat di RSUD sebanyak Lima orang.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Seksi Pelayanan Medic dan Keperawatan Sri Salma Lasama,

“Ada Lima orang yang positif DBD, alhamdulillah sudah teratasi semua. Mereka dari Desa Iyok dan Desa Langi Untuk Kecamatan Bolangitang Barat,” Beber Salma.

Selain di Bolangitang Barat, pasien DBD yang tercatat dirawat di RSUD juga berasal dari Desa Biontong Kecamatan Bolangitang Timur dan Desa Boroko Timur Kecamatan Kaidipang.

Dalam kesempatan itu, Direktur RSUD Bolmut Firlia Mokoagow, memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Bolmut, para Kepala Puskesmas dan para Camat yang dengan cepat melakukan Tindak Lanjut di lokasi terdampak.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, para Kepala Puskesmas dan para Camat, yang langsung menindaklanjuti pengendalian dengan fogging di lokasi-lokasi terdampak, ungkap Firlia. (Rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *