banner 1198x899 banner 1198x899

Politeknik Negeri Manado Dapat Bantuan Hibah Laboratorium Solar dari Pemerintah Swiss

 

MANADO–Sebagai persiapan Program Diploma 4 Spesialisasi 1 Tahun Energi Terbarukan Bidang Solar, Hydro, dan Hybrid di Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Renewable Energy Skills Development (RESD) melakukan serah terima paket hibah Laboratorium Solar PV kepada Polimdo, Senin (5/9/2022).

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dilakukan Dra Maryke Alelo MBA selaku Direktur Politeknik Negeri Manado dengan Martin Stottele selaku Team Leader Proyek RESD.

Peralatan laboratorium terdiri dari peralatan solar PV portabel, peralatan panel solar rooftop ground mount dan pole mount, beserta prasarana pendukung lainnya.

Direktur Polimdo Dra. Maryke Alelo MBA menyampaikan apresiasi peralatan laboratorium PLTS dari Pemerintah Swiss dan dukungan teknis lainnya untuk menyelenggarakan program studi baru Diploma 4 Spesialiasi 1 Tahun Energi Terbarukan Bidang Solar, Hydro, dan Hybrid. Sehingga sektor energi terbarukan, khususnya PLTS sedang mengalami perkembangan yang baik.

“Kami berharap dapat menjadi penggerak dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten bagi industri PLTS di kawasan timur Indonesia, terutama Sulawesi dan sekitarnya,” kata Mareyke Alelo.

Dikatakannya lagi, Pelatihan selama 1.5 tahun terakhir ini dalam bidang PLTS dan juga PLTA dari tenaga ahli Swiss bagi dosen Polimdo serta dosen dari empat politeknik percontohan lainnya di Indonesia sangat bermanfaat.

“Sebab untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar kami di bidang energi terbarukan,” ujar Direktur.

Martin Stottele, Pimpinan Proyek RESD mengatakan peralatan laboratorium solar PV bagi Politeknik Negeri Manado merupakan wujud dukungan Pemerintah Swiss bagi Pemerintah Indonesia untuk melaksanakan program transisi energi menuju energi yang berkelanjutan, khususnya dari sisi pengembangan sumber daya manusia.(tha)

Penulis: atha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *