banner 1198x899 banner 1198x899

Buka Pelatihan ToT, Gubernur Lemhannas Minta Peserta Mantapkan Nilai Kebangsaan

 

MANADO– Pelatihan Training of Trainers (ToT) pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi dosen, guru dan widyaiswara di Provinsi Sulut, dibuka Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Wijayanto di
Hotel Sutan Raja, Minut, Selasa (06/06/2023).

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Wijayanto meminta
kepada peserta TOT untuk memantapkan nilai-nilai kebangsaan yang merupakan sebuah model pelatihan dalam meningkatkan skill dan menambah pengetahuan pengajar-pengajar di bidang nilai-nilai kebangsaan yang memiliki semangat dan kompetensi yang tinggi, sehingga terwujud satu pemahaman yang kuat terhadap nilai-nilai kebangsaan bersumber dari empat pilar konsesus dasar bangsa pada masyarakat khususnya peserta didik serta mampu mengimplementasikannya.

” Saya berharap dapat membantu para dosen, guru dan widyaiswara pada lembaga Diklat untuk mewujudkan penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkarakter kebangsaan secara lebih efektif, inovatif dan kreatif . Agar menyentuh rasa kebangsaan setiap peserta didik,” jelasnya.

Lanjutnya, hal ini sekaligus membantu bapak/ibu dalam melaksanakan tugas membangun karakter bangsa sebagaimana diamanatkan oleh para pendiri negara.

“Selain itu dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan materi-materi yang terkait dengan bagaimana memperkuat kemampuan mengelola keahlian dan keterampilan juga wawasan,” jelasnya.

Dia menambahkan berikan materi pembelajaran dengan baik tetapi sekaligus menjadikan fasilitator yang handal guna mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindak sehari-hari dalam rangka pembentukan kepribadian ke Indonesian yang berwawasan kebangsaan pada setiap peserta dididik.

“Dalam pelaksanaan patihan ini digunakan metode pendidikan untuk orang dewasa dalam meningkatkan efektivitas pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang dikemas sesuai kebutuhan dosen, guru dan widyaiswara di mana bapak ibu bertugas,” sebutnya.

Lebih jauh Andi berharap, setelah selesai mengikuti pelatihan bapak/ibu dapat secara efektif lebih mendalami potensi yang selama ini terpendam khususnya peserta didik.

Disinilah pentingnya TOT pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini sebagai pengawal dan sekaligus penunjuk arah terkait dengan upaya mewujudkan proses pembelajaran yang berkarakter kebangsaan.

“Selama mengikuti pelatihan ini saya berharap bapak/ibu dapat menampilkan sikap ceria, terbuka, komunikatif serta berkomitmen untuk mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan. Agar selaras dengan kemajuan zaman baik di lingkungan keluarga masyarakat terutama di lingkungan pendidikan di mana tempat ibu bertugas,” ungkapnya.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara beserta seluruh jajaranya dan berbagai instansi terkait yang mendukung kelancaran terselenggara kan pelatihan ini.

“Saya selalu Gubernur Lemhannas RI berharap para peserta pelatihan ini dapat sungguh-sungguh mengikuti seluruh rangkaikan kegiatan yang telah ditentukan sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan bermanfaat secara optima,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti 100 peserta yang terdiri dari dosen 35 orang, Widyaiswara 9 orang, guru 42 orang, TNI 8 orang dan Polri 6.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *