banner 1198x899 banner 1198x899

Goes To Campus, KPU Minahasa Sosialisasi Sambil Noreng Kejarlah Janji di Unima

AKRAB : KPU Minahasa saat menggelar nontong bareng film Kejarlah Janji di Universitas Negeri Manado, Sabtu (28/10).

Minahasaradarsulut.com–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa menggelar nonton bareng (Noreng) film yang bertajuk “Kejarlah Janji”. Pemutaran film dalam rangkaian kegiatan ‘KPU Goes To Campus’ itu digelar di Universitas Negeri Manado (Unima), Sabtu (28/10).

Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa itu dibuka langsung Rektor Unima yang diwakili Ketua Jurusan Kimia Jeane Tuerah disaksikan Plh Ketua KPU Minahasa Aprila Philia Regar, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Arif Kurniawan, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Lidya Malonda jajaran Sekretariat KPU Minahasa serta mahasiswa yang hadir.

Dalam sambutannya Plh Ketua KPU Minahasa Aprila Philia Regar mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada pihak Universitas Negeri Manado yang telah mendukung kegiatan ini hingga bisa terlaksana. Kata dia, terkait kegiatan noreng film Kejarlah Janji ini tentunya adalah bagian dari program KPU Menyambut Pemilu 2024. Pembuatan film ini KPU bekerja sama dengan Asta Jaya Centra Cinema, PadiPadi Creative, dan Garin Workshop memproduksi film drama komedi berjudul “KejarlahJanji”.

“Tentunya undang-undang tentang pemilihan umum mengamanatkan kepada KPU untuk mensosialisasikan penyelenggaraan pemilu yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU kepada masyarakat. Untuk melaksanakan amanat tersebut, KPU perlu melakukan berbagai strategi dengan metode. Salah satunya dengan menggelar noreng film Kejarlah Janji ini ke berbagai kalangan masyarakat,”ujar Regar.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Minahasa Arif Kurniawan di hadapan ratusan mahasiswa Unima menuturkan, melalui film “Kejarlah Janji, KPU ingin membangun kesadaran bersama untuk menciptakan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Mengajak pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Film sangat kuat dalam menyampaikan pesan, hiburan, dan informasi kepada masyarakat secara luas,  terutama untuk generasi milenial dan pemilih pemula, gen Z, termasuk para mahasiswa Unima. KPU ingin berinteraksi dengan teman-teman mahasiswa, agar sama-sama memahami suasana kontestasi pemilu,” jelas Arif.

“Film bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi penonton, tetapi juga bisa memiliki elemen pendidikan dan budaya atas pesan yang disampaikan. Mengingat pemilu tidak hanya sebagai ajang politik, tetapi juga peristiwa kebudayaan. Semoga film “Kejarlah Janji”  bisa menjadi tontonan dan tuntunan masyarakat menghadapi Pemilu 2024,” pungkasnya, sembari mengatakan bahwa pemutaran film ini secara serentak KPU meraih rekor MURI.

Menariknya disela-sela pemutaran film dan sosialisasi para mahasiswa dan KPU terlibat diskusi. Sejumlah mahasiswa ada yang bertanya kenapa harus memilih dan tidak golput. Sementara mahasiswa lainnya bertanya mengenai peran pemuda dalam pemilu. Dan seluruh pertanyaan tersebut dijawab dengan lugas oleh para Komisioner KPU Kabupaten Minahasa.(fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *