banner 1198x899 banner 1198x899

Seleksi Calon Anggota KPU 7 Kabupaten/Kota Dibuka, Esok Timsel Gelar Roadshow Sosialisasi

 

MANADO—Pendaftaran tim seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tujuh kabupaten/kota periode 2023-2028 resmi dibuka pendaftarannya oleh tim Seleksi. Untuk tempat Pendaftaran berada di Sekretariat tim seleksi tepatnya di Lantai 6 Hotel Aryaduta Manado.

 

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU  DR Wehelmina Rumawas didampingi Sekretaris Timsel Rahmi Hattani,  anggota Muin Sumaila, Karel Najoan dan Dian Sri Mulia Sari Tangoi saat melaksanakan konferensi pers dan sosialisasi seleksi calon anggota KPU di tujuh Kabupaten/Kota yang ada di Sulut yang digelar di salah satu hotel berbintang di Manado, Senin (06/03/23). Serta  dihadiri oleh Sekretaris KPU dari tujuh Kabupaten/Kota.

 

Diketahui, ke tujuh Kabupaten dan Kota tersebut adalah Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Kota Manado, Bitung dan Tomohon.

 

“Beberapa tahapan yang perlu diketahui yang pertama adalah tahapan pengumuman pendaftaran dan bisa dilihat di halaman atau site KPU Kab/Kota serta di media massa, dan sejak saat ini 06-12 Maret 2023,” terang Rumawas.

 

Lanjut Rumawas, untuk tahap yang kedua adalah pendaftaran, jadi untuk penerimaan pendaftaran ditahapan yang kedua ini selama 12 hari sejak diumumkan. Untuk pendaftaran setiap hari mulai dibuka Pukul 08.00 – 16.00 WITA, kecuali dihari terakhir di 17 Maret akan dibuka sampai Pukul 23 : 59 WITA.

 

Untuk calon anggota KPU yang akan mendaftar nanti  pendaftarannya akan dilakukan secara mandiri daring melalui aplikasi  siakba.kpu.go.id atau sistem informasi anggota kpu badan adhoc. Jadi mendaftar melalui aplikasi tersebut setelah calon anggota mendaftar nantinya akan membawa Hard Copy asli dan satu salinan di sekretariat Tim Seleksi KPU di Hotel Aryaduta Lantai 6.

 

“Untuk tahapan yang ketiaga adalah penelitian administrasi, jadi untuk tahapan yang ketiga ini kami akan memeriksa dan menilai keabsahan, kesesuaian dokumen, dan untuk tahapan ketiga ini akan dimulai 06-24 Maret 2023, jadi terhitung selama 19 hari,” terangnya.

 

Selanjutnya untuk tahapan perpanjangan pendaftaran, jika tidak memenuhi kuota nanti akan dilakukan perpanjangan selama 6 hari  dan itu nanti dilaksanakan 18 – 23 Maret 2023. Selanjut untuk tahapan penetapan hasil penelitian administrasinya pada 25 Maret 2023, jadi hanya sehari.

 

Untuk tahapan yang keenam adalah pengumuman hasil penelitian administrasi itu dilaksanakan pada 26 -28 Maret 2023 jadi terhitung 3 hari. Dan selanjutnya ada tahapan seleksi tertulis dan tes pisikologi pada 29-04 April 2023 terhitung selama 7 hari.

 

Untuk penetapan hasil seleksi tertulis dan psikologi 5-6 April 2023, selanjutnya pengumuman tes hasil tertulis dan psikologi di 7-8 April 2023. Dan tahapan yang ke-10 yaitu masukan dan tanggapan masyarakat, jadi masih diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan itu nanti di 7 – 12 April 2023.

 

Tahapan ke-11 ada tes kesehatan dilaksanakan pada 09-11 April 2023 dan wawancara dilaksanakan pada 12-14 April 2023, untuk tahapan yang ke-13 penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara di 15-16 April 2023. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi anggota KPU Kabupaten/Kota di 17-18 Aprl 2023.

 

Dikatakannya, untuk tahapan yang terakhir adalah penyampaian nama calon anggota KPU di Kabupaten/Kota dalam hal ini ada tujuh Kabupaten/Kota yaitu Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan itu di 17-19 April 2023.

 

“Selain tahapan-tahapan ini juga kami juga tim seleksi akan mengadakan sosialisasi di tiga titik nantinya, yaitu 8 Maret di Hotel Sentra Minut dikhususkan untuk calon anggota KPU yang berada di Kota Manado, Minut dan Kota Bitung. Untuk 10 Maret di Hotel Yama Tondano untuk calon anggota KPU yang berdomisili di Tondano dan Tomohon. Sementara calon anggota KPU yang berdomisili di Boltim dan Bolsel akan dilaksanakan 13 Maret di Hotel Sutanraja Kota Kotamobagu,” tandasnya.(tha)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *