banner 1198x899 banner 1198x899

Gubernur Olly Dialog Interaktif Bersama Guru dan Siswa, Program Magang ke Jepang Diminati Pelajar

 

MANADo- -Gubernur Sulawesi Utara, Prof DR Olly Dondokambey, berkesempatan melakukan dialog interaktif dengan guru dan siswa beberapa sekolah SMK Negeri di Sulut dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5/2024).

Olly Dondokambey yang berada di Aula Mapalus Kantor Gubernur berbincang secara daring dengan perwakilan dari SMK Negeri 1 Tondano, SMK Negeri 1 Kotamobagu, , SMK Negeri 1 Ratahan dan beberapa sekolah lain.

Gubernur turut menanyakan kesiapan pelajar SMK untuk mengikuti program magang ke Jepang. Dari dialog ini terungkap antusiasme para siswa untuk ikut program magang kerja di Jepang.

Seperti yang diutarakan perwakilan SMK Negeri 1 Ratahan. Terungkap sudah ada 22 lulusan yang saat ini sementara mengikuti magang ke Negeri Sakura. Untuk tahap selanjutnya sebanyak 60 siswa yang telah mendaftar.

Gubernur Olly memberi apresiasi sekaligus mengajak pelajar untuk ikut program magang sekaligus berkarir di Negeri Sakura.

Dalam sesi wawancara, Dondokambey mengatakan kurang lebih sudah 300-an lulusan SMK asal Sulawesi Utara yang saat ini menjalani magang kerja di Jepang.

Keberhasilan mereka bahkan menarik minat mahasiswa Unima yang juga telah berangkat ke Jepang.

“24 mahasiswa Unima yang sudah berangkat. Selama satu tahun mereka di sana, belajar tapi juga dapat uang (insentif),” ungkap Gubernur Olly.

Sementara itu, Kadis Diknas Provinsi Sulut, Femmy J Sulut menuturkan saat ini ada sekitar 150-an orang yang sementara mengikuti pelatihan untuk kesiapan ke Jepang.

“Nanti akan dibuka tahap 2, dan sudah hapir 1000 orang yang antri mendaftar,” ungkap Suluh.(tha)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *