banner 1198x899 banner 1198x899

Pastikan Penyusunan & Pemutakhiran Daftar Pemilih Akurat, Bawaslu Bolmut Bekali Panwascam Dengan Pelatihan

Seremoni pembukaan pelatihan pengawasan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih kepada Panwascam se-Kabupaten Bolmut, Selasa (09/07/2024)

Bolmut – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memberi pelatihan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bolmut di salah satu Resto di Boroko.

Pelatihan itu bertujuan untuk memastikan proses penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih berjalan dengan baik sebagaimana peraturan yang berlaku.

Demikian dikatakan oleh Ketua Bawaslu Bolmut Abdul Muin Wengkeng, kepada media ini usai pembukaan kegiatan, Selasa (09/07/2024).

Peserta pelatihan pengawasan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih kepada Panwascam se-Kabupaten Bolmut.

“Pelatihan ini diadakan untuk memastikan bahwa proses penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Muin.

Peserta yang notabene Panwascam tersebut akan menerima sejumlah materi terkait teknis pengawasan dalam kegiatan pemutakhiran daftar pemilih yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut.

“Nantinya Panwascam ini akan melaksanakan tugas pengawasan langsung dalam pemutakhiran daftar pemilih, maka ada beberapa materi teknis pengawasan yang akan mereka terima, sehingga pada pelaksanaan penyusuna dan pemutakhiran daftar pemilih oleh KPUD, mereka sudah benar-benar paham, maka pengawasan dapat berjalan dengan baik sesuia peraturan yang berlaku,” imbuh Muin.

Koordinator Divisi HP2H Bawaslu Bolmut bersama nara sumber dari KPUD Bolmut saat menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pembukaan pelatihan pengawasan penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih kepada Panwascam se-Kabupaten Bolmut.

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Bolmut Rizky Posangi, menambahkan pentingnya pengawasan yang ketat untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan memastikan hak pilih masyarakat terjamin.

Sehingga itu proses pemutakhiran daftar pemilih tersebut merupakan tahapan krusial dalam Pilkada.

“Melalui  pelatihan ini, kami berharap para pengawas dapat bekerja lebih efektif dan profesional dalam menjalankan tugasnya, sehingga penyimpangan dapat dicegah dan hak pilih masyarakat benar-benar terjamin” tambah Rizky.

Rizky mengaku, seluruh peserta diberikan materi pengawasan yang efektif, sehingga jika terdapat temuan pelanggaran di lapangan, wajib untuk menindaklanjutinya.

Penyajian materi oleh nara sumber dari KPUD Bolmut terkait penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih dalam Pilkada serentak tahun 2024.

“Kami berharap dapat mewujudkan Pilkada yang bersih dan transparan, supaya dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini,” tutupnya.

Dalam pelatihan itu, Bawaslu Bolmut mendatangkan sejumlah narasumber yang berkompeten, sedangkan peserta pelatihan terdiri atas Panwascam beserta staf sekretariat.

Meskipun sudah dibekali dengan pelatihan, akan tetapi Bawaslu Bolmut tetap berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan melalui monitoring dan evaluasi atas kinerja Panwascam untuk mamastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak benar-benar bekualitas. (Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *