banner 1198x899 banner 1198x899

Dubes Adlan Pilih Sulut Promosikan Turis Bertajuk Malaysia Showcase 2022

MANADO–Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia Adlan Mohammad Shaffieg memilih Kota Manado, Sulawesi Utara sebagai salah satu kota untuk melakukan promosi tourism. Bertajuk “Malaysia Showcase 2022”. Kegiatan yang digelar di Hotel Four Point Hotel Manado, Kamis 13 Oktober pagi tadi. Showcase 2022 ini menyasar sejumlah sektor seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan dan imigrasi Malaysia untuk urusan konsulat.

Dubes Adlan Shaffieg kepada wartawan menyampaikan bahwa Malaysia Showcase ini adalah satu agenda promosi Malaysia untuk meningkatkan kunjungan turis mancanegara ke Malaysia. Ada 4,5 juta kunjungan dari seluruh dunia ke Malaysia terhitung 1 April 2022. Untuk Indonesia ditargerkan 400 ribu orang. Di sektor pendidikan, ia berharap dapat berkolaborasi dengan Indonesia khususnya di Sulawesi Utara.

Dalam kunjungan pertamanya di Manado, Mohamad Shameq memboyong beberapa instansi kerajaan Malaysia seperti Toun’sm Malaysia, Education Malaysia, Ministry of Internasional Trade and Industry (M ITI). Imigrasi Malaysia dan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).

“Kita juga mempromosikan Education Malaysia kepada masyarakat Sulawesi Utara untuk melanjutkan studi di sejumla Universitas terkemuka di Malaysia. Di Malaysia ada sekitar 130 ribu mahasiswa asing dari 166 negara di dunia, dan sekitar 11,900 mahasiswa dari Indonesta,”ujarnya.

Di sektor kesehatan, ia mengatakan di Malaysia ada Healthcare Travel Council yang mudahkan berobat di hospital-hospital Malaysia seperti Kuala Lumpur, Selangor, Melaka dan Penang.
“Banyak masyarakat Indonesia datang berobat di Malaysia. Pada tahun 2019 kurang lebih 670 ribu pasien dari Indonesia berobat di rumah sakit Malaysia,”kata Mohamad Shaffieg.

Sementara untuk sektor perdagangan kata Mohamad Shaffieg, Indonesia mitra dagang terbesar ke enam di dunia dan kedua terbesar di Asean setelah Singapura. Jumlah perdagangan dari Januari hingga Juni 2022 antara Malaysia dan Indonesia telah mencapai jumlah USD14.33 billion. Hal ini menunjukkan peningkatan sebanyak 37.9% berbanding USD10.39 billion pada periode yang sama di 2021.

Ia juga berharap, lewat Malaysia Showcase 2022 ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provonsi sekaligis akan meningkatkan hubungan kerjasama bilateral antara Malaysia dan Indonesia, dari segi ekonomi, pariwisata dan pendidikan.
“Saya beharap kerjasama kedua negara ini akan memberi impak terbaik kepada ekonomi kedua negara, Malaysia dan Indonesia,”tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Henry Kaitjili, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Grace Punuh, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Debby Kalalo, Kepala Dinas PTSP Provinsi Frangky Manumpil, Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof Ellen Kumaat.(atha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *