banner 1198x899 banner 1198x899

Tarik Wisatawan, LNSIFC Siap Digelar 14 September

MANADO–Iven Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022 yang akan digelar di Sulut memiliki sasaran bernilai. Setidaknya, iven internasional ini menarik minat wisatawan memilih liburannya, berwisata bahari di daerah ini. Multiplayer effect-nya, KEK Pariwisata Likupang menjadi pilihan, selain adanya beragam spot wisata di Sulut.

“Iven ini akan mengundang banyak turis datang ke daerah kita,” kata Sekdaprov Sulut Dr Praseno Hadi saat konferensi pers di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur, Rabu (31/08/2022) siang.

Praseno Hadi menambahkan, setidaknya hingga saat ini, lomba internasional yang bakal berlangsung pada 14-18 September 2022 mendatang, telah diserbu para peserta baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

“Ada 70 tim sudah mendaftar. Satu tim terdiri atas 6-7 orang. Itu berarti sudah 70 kapal yang sudah siap ikut iven memancing ini,” ujar Praseno Hadi.

Sementara, Ketua Panitia Iven Michael Umbas mengatakan, lomba tidak saja dilakukan di laut, tapi juga di darat. Jadi ada side event yang disiapkan panitia dalam rangkaian lomba Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022.

“Ada lima negara peserta (yang mendaftar), yang lain masih berproses,” tandas Umbas.

Sedangkan Kepala DKP Provinsi Sulut, Dr Tinneke Adam MSi menjelaskan bahwa iven Lomba Mancing ini dibagi atas kategori Luar Negeri dan Nusantara, dan kategori Nelayan Tradisional.

“Untuk kategori Luar Negeri dan Nusantara, para pesertanya memakai kapal yang bisa mengarungi perairan Likupang, Biaro, Teluk Manado dan finish di Kawasan Megamas Manado,” terangnya.

“Kalau kategori Tradisional, hanya untuk nelayan yang ada di Likupang, Biaro dan Teluk Manado,” sambung Tinneke Adam.

Karena lomba ini merupakan lomba memancing, kata Tinneke Adam, maka alat yang digunakan adalah alat pancing dan bukan jaring.

Adapun hadiah yang disiapkan Panitia Lomba, terdiri atas Piala Presiden, Piala Gubernur Sulut dan hadiah uang.

Hadiah untuk kategori Luar Negeri dan Nusantara, yakni; Rp150 juta (juara I), Rp75 juta (juara II), Rp37,5 juta (juara III).

Untuk kategori Tradisional, yakni; Rp15 juta (juara I), Rp10 juta (juara II) dan Rp5 juta (juara III).

Spesies ikan yang dilombakan terdiri atas; Yellow Fin Tuna, Grouper, Lamadang, Ruby Snaper, Amber Jack/Kuwe, Barracuda, Macarrel, Giant Travelly.

Perlombaan memancing internasional ini akan didukung penuh TNI AL dan sejumlah instansi terkait. (tra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *