banner 1198x899 banner 1198x899
Religi  

Hadiri Hari Kaum Bapa, Wagub Kandouw:KGPM Pelopor Perjuangan Kristen Protestan di Minahasa

MANADO–Hari Kaum Bapa Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) Jumat (21/04/2023) di Gereja Sidang KGPM Getsemani Tompaso Minahasa dihadiri langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw yang diawali dengan ibadah dipimpin oleh Pdt Vera Lontong.

Wakil Gubernur Kandouw pun mengulas sejarah berdirinya KGPM sejak jaman kolonial Belanda yang diperjuangkan tokoh-tokoh besar Minahasa sehingga mulai berdiri pada tahun 1933, yang dilandasi dengan perjuangan.
Dengan acuan tersebut Wagub Kandouw dihadapan pucuk pimpinan KGPM Frangky Londa, mengatakan bahwa patut diakui KGPM adalah pelopor perjuangan Kristen Protestan di Minahasa, yang memperjuangkan berdirinya Komunitas Kristen Protestan.

“KGPM yang lebih dulu meneriakkan kemerdekaan, untuk memperjuangkan dalam membentuk komunitas Kristen protestan, yang berlandaskan aliran Pietis dengan mengedepankan kekudusan bukan mempertontokan ceremonial, kemegahan gedung gereja tapi iman dan perbuatan,”ungkap Wagub Kandouw.

Lebih lanjut dikatakan Wagub Kandouw dalam perayaan Hari Kaum Bapa KGPM bahwa sebagai umat yang percaya kita harus mempertahankan Etika Protestan.
“Etika protestan ini seperti contoh bagaimana bangsa yang hebat seperti Amerika yang tumbuh dengan etika protestan dimana harus bekerja keras, tidak memilih pekerjaan jangan malas dan marilah kita berkarya,”kata Wagub Kandouw.

Wagub Kandouw juga kembali menggaungkan untuk terus meningkatkan UMKM dengan, mengandalkan KUR yang telah diberikan oleh Pemerintah.
“Manfaatkan KUR dan UMKM. Dan ini saya minta ketua jemaat harus terlibat untuk memberikan rekomendasi karena KUR ini ada 100 juta tanpa anggunan. Dan merupakan pembenyukan Etika Protestan yang memberikan kesempatan merubah diri,”terangnya.

Selain itu Wagub Kandouw juga mengingatkan bahwa kualitas SDM harus tetap di gelorakan karena Pendidikan dan sekolah gratis. Hal ini juga merupakan skala prioritas Gubernur Olly Dondokambey dalam peningkatan SDM.

Diakhir sambutan Wagub Kandouw menyampaikan bahwa PGI menetapkan KGPM sebagai tuan rumah Konaswil.

“Pak Gubernur telah menunjuk saya sebagai ketua Panitia Konaswil, yang jadi tuan rumah adalah KGPM. Permintaan saya semua acara digelar secara original, sesuai konteks KGPM dan seluruh Jemaat KGPM harus terlibat. Dan nantinya saya akan membawa undangan ini ke Dewan Gereja Dunia sesuai perintah Pak Gubernur. Untuk itu mari kita jaga kekompakan serta kerukunan,”tandas Wagub Kandouw

Penulis: atha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *