banner 1198x899 banner 1198x899

Empat Mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat Berkesempatan Ikut Program IISMA

 

MANADO–Empat mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado masing-masing Daniella Vanessa Wowor , Yefta Adriano Lengkong , Andrea Luftania Rooroh , Dircia Beatriz Angelo Kamagi berhasil mendapat kesempatan menjadi peserta program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.

Fakultas Hukum menjadi yang terdepan di Unsrat Manado dalam mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi terkemuka luar negeri yang merupakan mitra Kemendikbudristek.

 

Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr Emma V T Senewe SH MH, melalui Wakil Dekan (WD) bidang Akademik, Dr Dani Robert Pinasang SH MHum menyebut capaian ini sebagai suatu prestasi yang luar biasa dan membanggakan.

“Ini luar biasa, Fakultas Hukum terbanyak di Unsrat untuk program IISMA, yaitu empat orang. Tahun lalu kita juga terbanyak di Unsrat dengan tiga orang utusan,” ungkap WD I Fakultas Hukum, Dani Pinasang , Selasa (26/3/2024).

 

Walau durasi kuliah hanya satu semester, kata dia, untuk bisa jadi peserta program IISMA maka para mahasiswa harus melewati seleksi yang luar biasa sengit.

“Ini seleksi internasional lho, bayangkan di Unsrat saja ada ribuan yang bersaing dan kita ada empat yang berhasil. Ini semua tentu tidak lepas dari perjuangan Dekan bersama seluruh jajaran Fakultas Hukum. Satu hal yang paling penting dan sangat kami apresiasi adalah dedikasi mahasiswa itu sendiri,” tukasnya.

 

Sebab dijelaskannya, untuk menjadi peserta IISMA maka mahasiswa harus mengikuti serangkaian tes dari pihak luar, bukan pihak Unsrat.

Sementara salah satu syarat utama dalam program IISMA adalah TOEFL (Test of English as a Foreign Language, red) bahasa Inggris.

Universitas tujuan juga dipilih sendiri oleh mahasiswa calon peserta, menunjukkan tingkat kemandirian dan keseriusan para mahasiswa dalam mengejar kesempatan pendidikan internasional.

“Makanya untuk anak-anak yang berhasil ini kami beri penghargaan yang luar biasa. Sebab saat kembali nanti mereka akan membawa ilmu dan pengalaman dari sana yang menurut peserta sebelumnya, agak jauh berbeda dari sistem belajar mengajar dan budaya keilmuan kita,” jelasnya.

 

Adapun prestasi ini tidak hanya membanggakan bagi Fakultas Hukum Unsrat saja, tetapi juga bagi seluruh universitas.

Ini juga menunjukkan komitmen Unsrat Manado, khususnya Fakultas Hukum dalam meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan kesempatan belajar yang beragam bagi mahasiswa.(tha)

 

Berikut empat mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat peserta program IISMA:

  1. Daniella Vanessa Wowor, Durham University, Inggris
  2. Yefta Adriano Lengkong, Leiden University, Belanda
  3. Andrea Luftania Rooroh, The University of Western Australia, Australia
  4. Dircia Beatriz Angelo Kamagi ,De Jesus Osorio Soares, Belarusian State University, Belarusia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *