banner 1198x899 banner 1198x899

Politeknik Negeri Manado dan Dua Perwakilan Anggota Dewan Provinsi Bahas Badan Pembentukan Peraturan Daerah

 

MANADO–Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Melky Jakhin Pangemanan dan Braien Waworuntug.

Direktur Dra Maryke Alelo MBA bersama para Wakil Direktur dan Koordinator Humas dan Kerjasama menerima dua legislator itu di ruang kerja Direktur Selasa (15/8/2023).

Topik pembahasan yaitu terkait Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Dua legislator Sulut itu menjelaskan akselerasi penyusunan Ranperda DPRD tentang pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDa).

“Tujuan kami meminta masukan dari politeknik negeri manado secara akademis terkait perubahan nomenklatur,” sebut Melky.

Melky menuturkan, pihak perguruan tinggi diberikan ruang seluas-luasnya dalam memberikan masukan penyusunan Ranperda BRIDa.

“Kami berinisiasi draf awal ranperda akan melibatkan perguruan tinggi. Direktur bisa mendelegasikan tim untuk membahas secara bersama. Pelibatan perguruan tinggi bukan hanya pelengkap tapi sangat penting,” ujar Melky.

Sementara Direktur Polimdo, Maryke Alelo menyebutkan beberapa hal terkait pertemuan itu.

“Memang pendekatan kita (Polimdo, red) bukan cenderung ke akademis. Biasanya kalau di akademis itu menyangkut konsep-konsep, teori-teori sementara kita yang berada di vokasi cenderung melihat persoalan itu dan apa solusinya. Justru itu yang sangat dibutuhkan,” ucap Alelo.

Ia berharap perencanaan-perencanaan yang ada di kota/kabupaten maupun provinsi seperti tata ruang wilayah harus melalui data-data empiris.

“Nah, kalau Perguruan tinggi dilibatkan banyak kemudahan karena memiliki sumber daya. Dengan melibatkan perguruan tinggi tentu mendorong meningkatnya akreditasi program dan menolong mahasiswa terlibat dalam penelitian,” ujar Alelo.

Dilibatkan perguruan tinggi secara aktif dalam penyusunan Ranperda BRIDa sangat membantu mencarikan solusi terhadap persoalan-persoalan di daerah.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *