banner 1198x899 banner 1198x899

Buka Wirausaha ,Sompie WMK-UNICUBE Bagian Program Kemendikbud Merdeka Belajar 2023

 

MANADO–Rektor Unsrat Prof.Dr.Ir Octavian Alexander Berty Sompie M.Eng IPU menghadiri sekaligus membuka Grand Launching Wirausaha Merdeka 2023, Senin (28/08/2023).

Sebagaimana diketahui, Universitas Sam Ratulangi yang berada paling utara Indonesia merupakan salah satu pusat pengembangan inovasi berbasis IPTEK di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dengan latar belakang filosofi Dr. Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tumou Tou (memanusiakan manusia lain) membuat UNSRAT memiliki visi, budaya akademis, dan lingkungan pendidikan untuk menciptakan manusia yang mampu memanusiakan manusia lainnya dalam berbagai bidang termasuk dalam pengembangan inovasi dan kewirausahaan di perguruan tinggi.

Sompie menjelaskan program WMK-UNICUBE (Wirausaha Merdeka-UNSRAT Innovation and Entrepreneurship Academy of Regional Business Education) sebagai program WMK-UNICUBE.

Ini merupakan program dan salah satu bagian ekosistem pengembangan kewirausahaan mahasiswa di UNSRAT.

“Program WMK-UNICUBE dirancang untuk mendukung pengembangan aktivitas kewirausahaan pada tahapan awal yaitu generating ide serta memulai startup baru,”jelasnya.

Lanjutnya, program ini memiliki inovasi utama yaitu menciptakan tiga nilai entrepreneur utama yaitu spiritual entrepreneur, technology entrepreneur, serta social entrepreneur dengan fokus pada pengembangan potensi ekonomi dan sumber daya lokal.

” Untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam berwirausaha dan berinovasi, serta mendukung pengembangan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Pasifik,”jelasnya.

Program WMK-UNICUBE kata Sompie dirancang dalam tiga tahapan pelaksanaan utama yaitu pre-immersion (pelatihan), immersion (inkubasi), serta post-immersion (mentoring, bootcamp, pitching serta demo day).

Dengan waktu pelaksanaan maksimal 20 minggu dari Agustus-Desember 2023.

” Target peserta adalah 400 peserta. Target outcome utama adalah mindset dan ketrampilan berwirausaha, model bisnis, niat berwirausaha, proposal bisnis tervalidasi, prototipe ide bisnis dengan MVP,”tukasnya.

Sompie mengharapkan Program WMK-UNICUBE ini berimplikasi signifikan pada pencapaian visi Indonesia 2045.

Dengan pengembangan inovasi dan kewirausahaan untuk membangun mahasiswa wirausaha serta penguasaan inovasi berbasis IPTEK, mendorong pembangunan ekonomi dan UKM berkelanjutan, serta menciptakan pemerataan pembangunan sampai ke wilayah Kawasan Timur Indonesia.(tha)

Penulis: atha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *