banner 1198x899 banner 1198x899

Terapkan IPTEK , Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado Bantu Masjid AN-Nur pasang Atap Baja Ringan

MANADO–Tim program penerapan IPTEK Pada Masyarakat (PIM) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) beberapa hari ini melakukan pembuatan atap baja ringan dan pagar pelindung Masjid AN-NUR di Perumahan BTN Angkatan Laut (AL), Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Senin (10/7/2023).

Tim PIM Polimdo itu merupakan bagian dari dosen pengajar Jurusan Teknik Mesin yakni Artian Sirun, Priyono dan Flanklin Bawano. Artian Sirun mengatakan ini bagian dari pengabdian pada masyarakat untuk pembuatan atap tempat wudhu dan pagar pengaman Masjid.

“Perencanaan, pembuatan atap dan pagar ini memakan waktu 3 sampai 4 hari kedepannya. Melakukan PIM kami tidak sendiri, ada mahasiswa semester 8 Jurusan Teknik Mesin Polimdo, tepatnya program studi produksi dan perawatan dan masyarakat yang turut dilibatkan,” ungkap Sirun yang saat itu didampingi Priyono.

Ia menambahkan, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sudah kesekian kalinya dilaksanakan, dan kali ini PIM Polimdo memilih Masjid AN-NUR. “Biasanya kami melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) ke Kelurahan-kelurahan maupun ke Desa-desa , namun kali ini kami membantu masyarakat lewat tempat ibadah, seperti Masjid. Masjid ini adalah tempat sosial, yang harus diperhatikan,” jelasnya.

“Di sini kami melibatkan pengurus Masjid serta masyarakat dan mahasiswa karena mereka bagian dari masyarakat, apalagi kami sebagai dosen. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan terus berkelanjutan setiap tahunnya dan itu berkesinambungan,” terangnya.

Dirinya berharap, dari Pengabdian pada masyarakat ini kedepannya bisa bermanfaat dan dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti tempat wudhu yang nyaman, apalagi dengan adanya pagar pengaman.

Di tempat yang sama, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Polimdo, Rivaldo A Harinda ketika diwawancarai, menyebut dengan adanya kegiatan PIM Polimdo ini dirinya dan teman-temanya mendapatkan pembelajaran yang baru. “Di sini kami melakukan pengelasan besi untuk dibuat pagar pengaman masjid, kemudian membuat mal pagar hingga pemasangan atap baja ringan di Masjid AN-NUR ini,” ucapnya sembari menjelaskan pembuatan ini dalam bimbingan tim PIM Polimdo.

Diketahui, selain Rivaldo A Harinda yang terlibat pada kegiatan PIM ini, adapun mahasiswa lainnya seperti Fiandro A Lamakarumpa, Rifky Ch Samadi, Hadji Ismail dan Julio Powa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *