banner 1198x899 banner 1198x899

Mahasiswa Politeknik Negeri Manado Ikut Lomba Kuat Tekan Beton di Surabaya

 

MANADO–Mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) jurusan Teknik Sipil pada sesi Mixing Day, mengikuti lomba kuat tekan beton di Petra Civil Expo 2023 dengan Tema: Alteration for Maintaining Viable Infrastructure, sehinga seiring dengan perkembangan zaman.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu Mixing day (Offline) pada Jumat 17 Maret 2023 dan Testing day (Online) di kampus Universitas Kristen Petra, Surabaya, Jawa Timur 14 April 2023.

Kegiatan ini bertujuan yaitu membuat campuran beton yang inovatif dengan merubah takaran mix designnya agar dapat menciptakan struktur yang kokoh sesuai dengan perancangan.

Semakin banyak inovasi campuran beton yang ditemukan untuk menghasilkan beton yang lebih efektif dan efisien.

Beton merupakan salah satu bahan bangunan komposit yang terdiri dari campuran agregat halus seperti pasir, agregat kasar seperti kerikil dan batu pecah, agregat lain, semen, dan air. Terkadang, admixture beton juga ditambahkan untuk menghasilkan beton dengan kondisi khusus.

 

Diharapkan peserta lomba dalam hal ini mahasiswa Politeknik Negeri Manado dapat memahami mengenai campuran dan cara pembuatan beton tipe low cement concrete, serta dapat memahami proses pembuatan beton bermutu tinggi. Sehingga dampaknya mahasiswa dapat mengeksplorasi kreativitas dalam pembuatan beton yang efektif, inovatif, ekonomis, ramah lingkungan dan bermutu tinggi.

Menurut ketua jurusan Teknik Sipil Ir Seska Nikolas MT, kegiatan ini sangat baik sekali bagi mahasiswa, karena dapat menguji kemampuan mahasiswa prodi konstruksi bangunan gedung terhadap apa yang sudah di ajarkan selama ini.

“Kami mengutus tiga mahasiswa yaitu Lidya Gabriel Kaeng (NIM: 21012061), Agung Pratama (NIM: 21012059), dan Merry Sisilia Moray (21012034),” kata Seska.

Dalam mengikuti kegiatan ini, mahasiswa didampingi Dosen Pembimbing yaitu Ventje Berty Slat, S.ST MT yang merupakan Kepala Laboratorium Uji Material, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado. (tha)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *