banner 1198x899 banner 1198x899

Hari kedua Pameran LLDIKTI Jurusan Teknik Elektro  Polimdo Demo Elcom Robotic

MANADO—Di Pameran pendukung inovasi dan perguruan tinggi Sulut dan Tecno Expo yang dilaksanakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilyah XVI (LLDIKTI) jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) di hari kedua Jumat (11/3/2023) melakukan demo Elcom Robotic dihadapan siswa SMA/SMK maupun pengunjung Manado Town Square (Mantos) 3.

Demo Elcom Robotic bagian dari turut serta Polimdo di pameran yang digelar tiga hari, 9-11 Maret 2023.

Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Polimdo, Marson James Budiman, SST MT menjelaskan jurusan teknik elektro memiliki mata kuliah robotic melalui program studi D3 komputer.

“Kami punya kegiatan praktek juga. Mahasiswa dalam konteks pembelajarannya mendapat teori mendisain, merakit sampai mengimplementasikan,” ujar Marson Budiman.

Lanjut Marson, sebenarnya materi itu adalah bagian dari implementasi industri. Karena jangkauan industri agak luas, jadi mahasiswa mendesain dengan pola kecil sesuai kondisi budget yang ada.

Hasil akhir yang dicapai mahasiswa karena capaian pembelajaran robotic itu adalah kontrol, kelistrikan ada mekatronika juga.

“Jadi semua bagian itu ada di implementasi industri,” terangnya.

Untuk industri yang sifatnya pabrik, kata Marson, sudah ada robotic. Apalagi di era sekarang ini lagi marak digunakan.

“Pembelajaran mahasiswa Teknik Elektro sifatnya (PJBL) Project Based Learning, model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media,” bebernya.

Dia menambahkan mahasiswa tidak melakukan ujian tulisan, tapi lebih kepada implementasi kepada robotic seperti dibuatkan lomba-lomba.

“Nah kesempatan dalam pameran ini ditampilkan robot-robot agar bisa menarik minat siswa-siswa SMA/SMK berinovasi.

Jadi mahasiswa di didik bagaimana mengimplementasi dalam konteks ranah yang mudah. Apalagi pemahaman masyarakat robotic itu hal yang rumit dipelajari, padahal mudah dipelajari,” tambahnya.(tha)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *