banner 1198x899 banner 1198x899

Fasilitasi Ekspor ke AS, Pemprov Terus Dorong UMKM Sulut Tingkatkan Produksi

 

BITUNG–Produk UMKM Sulawesi Utara terus didorong pemerintah agar dikenal sampai internasional.

Terbaru, Pemprov Sulut melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memfasilitasi ekspor Abon Ikan Tuna dan Cakalang sebanyak 4,2 Ton ke Amerika Serikat, yang dilakukan oleh Ramantha Kitchen, dari Pelabuhan Bitung, Sabtu (20/5/2023).

Pengiriman perdana tersebut disaksikan langsung Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut Ronald Sorongan, Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bitung.

Sorongan mengatakan, Pemprov Sulut memberikan apresiasi kepada UMKM Ramantha Kitchen yang meningkatkan hasil produksinya dengan mengeskpor produk Abon Ikan Tuna dan Cakalang ke Amerika Serikat.

Ini sejalan dengan visi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) yang menjadikan Sulut maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik.

“Salah satu misinya penguatan ekonomi yang bertumbuh pada industri pertanian, perikanan, pariwisata dan jasa,” bebernya.

Sorongan mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pendampingan serta fasilitasi, sehingga produk ekspor asal Sulut semakin baik dan bermutu.

“Kami siap memfasilitasi dan mencari pasar baru untuk produk ekspor Sulut, baik itu produk perikanan, pertanian maupun perkebunan,” pungkasnya.

Diketahui, pada awal Januari tahun 2022, Provinsi Sulut juga mengekspor ikan Tuna beku ke Amerika Serikat.

Ikan Tuna beku yang diekspor ke Amerika Serikat sebanyak 18.486 ton, dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 181.349 dolar Amerika Serikat.

Kemudian, pengiriman kedua sebanyak 19.013 ton, dengan sumbangan devisa sebesar 203.022 dolar Amerika Serikat.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *