banner 1198x899 banner 1198x899

Ketua Dekranasda Sulut Rita Tamuntuan Dorong Pengrajin Sulut Mampu Bersaing Lewat Karya

 

MANADO–Ketua Dekranasda Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan terus memberi dukungan kepada pengrajin asal Sulut baik moral maupun material bahkan ketrampilan diberikan . Agar pengrajin Sulut bisa berjaya dan mampu bersaing secara nasional melalui karya-karyanya.

Hal itu disampaikan Rita saat menghadiri puncak perayaan HUT ke 43 Dekranas di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/05/2023).

Rita yang juga Ketua TP- PKK Sulut ini mengatakan dengan menciptakan ekosistem wirausaha yang kreatif, maka perajin Indonesia, khususnya Sulut, bisa berjaya.

“Tentunya dengan program-program dari Dekranasda yang akan terus mendorong para pengrajin di Sulawesi Utara untuk perajin kita semakin berdaya saing. Mendorong pengrajin untuk berjaya lewat pelatihan wirausaha baru,” ungkap Rita.

Dia menambahkan, moment HUT ke-43 menjadikan Dekranasda Sulut semakin bersemangat dalam mengangkat dan menghidupkan kerajinan di daerah.

“Kita hendaknya terus bersyukur Dekranas sudah memasuki usia yang ke-43. Harapan kita semua di usia yang semakin bertambah, Dekranas semakin produktif, semakin besar peran dan pengabdian untuk para perajin, masyarakat maupun bangsa dan negara Indonesia,” terangnya.

Diketahui, HUT ke 43 Dekranas dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Hj. Wury Ma’ruf Amin.

Kegiatan ini merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan HUT Dekranas, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 3 Maret.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dihelat Dekranas seperti pemotongan tumpeng di kantor Dekranas Rumah Kriya Asri, pelatihan dan Workshop bagi para perajin, hingga Bakti Sosial dan Bazar Murah bagi masyarakat di sekitar Rumah Kriya Asri.

Acara ini diisi juga dengan Upacara Syukuran di Hotel Santika Premiere Dyandra dan Pameran berbagai produk unggulan daerah yang dibawa oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) seluruh Indonesia di Lapangan Benteng, Medan.

Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma’ruf Amin pada sambutannya menyampaikan rasa syukur dan harapan bagi Dekranas.

“Usia 43 tahun merupakan perjalanan panjang yang telah dilalui Dekranas dalam mengangkat potensi kerajinan nasional. Telah banyak upaya Dekranas untuk mewujudkan visinya sebagai lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia sejak berdirinya dahulu pada 3 Maret 1980,” jelas Wury.

HUT ke-43 Dekranas mengangkat tema “Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya!” yang menyelipkan semangat bagi para perajin di Indonesia. Memasuki usia ke-43 tahun, Dekranas hadir bersama Dekranasda sebagai wadah yang terus memberikan dukungan dengan menciptakan ekosistem wirausaha yang kreatif untuk perajin Indonesia yang berjaya.

Dekranas terus berdedikasi dalam menghimpun pecinta dan peminat seni tanah air untuk senantiasa memayungi dan mengembangkan produk kerajinan.

Pada syukuran ini, hasil kerajinan Nusantara dan pagelaran seni budaya ditampilkan lewat karya bertajuk “Getaran Karya Rasa”.

Selesai acara Pembukaan, dilanjutkan dengan mengunjungi lokasi Pameran Expo Dekranas yang dimulai dari tanggal 16 Mei s/d 21 Mei 2023.

Ibu Negara Iriana Jokowi Berkunjung di Stand Pameran Expo milik Sulawesi Utara dan disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Sulut, Ir Rita Dondokambey Tamuntuan.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *