banner 1198x899 banner 1198x899
Minut  

KPU Minut Tuntaskan Pleno Kabupaten, PDIP Jawara Golkar Runner Up

SAH : KPU Kabupaten Minahasa Utara saat menetapkan perolehan suara tingkat Kabupaten, Senin (4/3) tadi malam.

Minutradarsulut.com–Akhirnya setelah digelar beberapa hari lalu, rapat pleno rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara pemilu 2024 di Kabupaten Minahasa Utara tuntas, Senin (4/3) malam.

Seluruh partai politik peserta pemilu menyetujui hasil pleno yang disertai ketukan palu sidang oleh Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw sebagai tanda pleno tingkat Kabupaten selesai dan disepakati bersama.

Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw mengatakan, rapat pleno terbuka memang sempat terjadi hujan interupsi oleh para saksi partai politik akibat terjadi perbedaan direkapitulasi suara serta beberapa hal yang juga ikut menjadi dinamika pleno. Namun, kata dia hal itu biasa terjadi ketika ada hal-hal yang menjadi perdebatan di tengah proses rapat pleno digelar.

“Kita beberapa kali menskorsing pleno untuk mendapatkan jalan keluar dalam sidang. Seperti yang terjadi di Kecamatan Likupang Barat dimana ditemukan perpindahan suara dari beberapa partai ke salah satu partai tertentu.

Namun, setelah berdebat para peserta sidang dari parpol, Bawaslu dan kita sebagai KPU menyepakati untuk dikembalikan suara-suara tersebut sembari melakukan proses dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh badan ad hoc,”ujar Lumanauw didampingi ke empat Komisioner KPU Minut.

Ia menambahkan, selanjutnya KPU Minut akan membawa hasil pleno ini ke pleno rekapitulasi tingkat Provinsi. Menurutnya, seluruh parpol mendapatkan salinan hasil pleno ini agar menjadi acuan serta pegangan masing-masing parpol.

“Kita berharap hasil pleno ini sedianya sudah menjadi hasil final dan tidak akan terjadi lagi perselisihan dikemudian hari. Namun, jika ada parpol yang merasa dirugikan dapat menempuh proses sesuai mekanisme undang-undang yang ada,”terang Komisioner berlatar belakang jurnalis itu.

Diketahui, ke 30 kursi DPRD Minut sendiri diraih masing-masing PDIP 10 kursi, Golkar 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PKB 2 kursi, Perindo 2 kursi, partai Nasdem 1 kursi, PSI 1 kursi dan PBB 1 kursi.(fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *