banner 1198x899 banner 1198x899

Safari Ramadhan ke Tiga, DMI Bolmut Sasar Masjid Desa Binuanga

Ketua DMI Bolmut menyerahkan paket bantuan kepada kaum duafa jamaah masjid Al-Musyawarah Desa Binuanga dalam rangkaian safari Ramadhan, Selasa (26/03/2024)

Bolmut – Misi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk memakmurkan masjid semakin terawat.

Komitmen itu diwujudkan dengan kegiatan safari Ramadhan bergilir dari masjid ke masjid.

Memasuki pertengahan bulan suci Ramadhan, DMI Bolmut melaksanakan safari di masjid Al-Musyawarah Desa Binuanga Kecamatan Bolangitang Timur, Selasa (26/03/2024).

Dalam agenda tersebut, tim safari yang dipimpin langsung oleh Ketua DMI Bolmut Amin Lasena, melakukan buka puasa bersama dan sholat Maghrib dengan jamaah masjid Al-Musyawarah desa setempat.

Ketua DMI Bolmut dalam sambutannya di hadapan jamaah masjid Al-Musyawarah Desa Binuanga

Selanjutnya, tim safari melaksanakan sholat Isya, Tarwih dan Witir berjamaah di masjid tersebut.

Seperti biasa, paket safari memberikan siraman rohani berupa ceramah agama yang disampaikan oleh Al-Ustadz Abdullah Di’u.

Selain itu, tim safari yang menggandeng Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Dikda Sulawesi Utara (Sulut), menyalurkan sejumlah paket bantuan kepada warga setempat.

Ketu DMI Bolmut Amin Lasena, menyampaikan komitmennya memakmurkan masjid di Kabupaten Bolmut.

“Saya bertekad seluruh masjid di Bolmut bisa maju dengan kehadiran jama’ah untuk menunaikan sholat di masjid,” kata Amin.

Menurutnya, jika masjid makmur, insha Allah berkah akan turut berkucuran kepada masyarakat.

Kepala Cabang Dinas Bolmut Patra Kapiso, turut menyerahkan paket bantuan kepada kaum duafa dalam momentum safari Ramadhan DMI Bolmut

“Marilah kita makmurkan masjid, karena kemakmuran masyarakat sekitar berawal dari kemakmuran masjid,” imbau Amin.

Dilanjutkannya, memakmurkan masjid meliputi membangun, memelihara dan mengisi masjid denga jamaah, sehingga pihaknya menggandeng guru SMA/SMK serta cabang Dinas Pendidikan.

“Kenapa saya mengajak guru, karena tugas guru bukan hanya di sekolah, tetapi harus peka terhadap kondisi sosial di masyarakat termasuk menjadi panutan dalam menegakkan akhlak,” lanjut Amin.

Ia berharap, masjid harus dimakmurkan, bukan hanya dari segi fisik tetapi harus diisi dengan jamaah.

Amin menambahkan, pihaknya akan menetapkan masjid dampingan pada setiap kecamatan.

“Nantinya DMI akan menetapkan masjid dampingan, setiap kecamatan Satu masjid, akan kita bahas pada Rakerda setelah bulan puasa ini,” tutup Amin.

Ketua DMI Bolmut Amin Lasena di tengah-tengah jamaah masjid Al-Musyawarah tengah menyimak ceramah agama pada safari Ramadhan di Desa Binuanga

Dalam kesempatan yang sama Camat Bolangitang Timur Yahya Botutihe, mengucapkan rasa syukur atas kunjungan safari Ramadhan DMI Bolmut.

“Kami merasa bangga dan bersyukur atas kunjungan tim safari Ramadhan ini, kami atas nama Pemerintah Kecamatan Bolangitang Timur mengucapkan terima kasih,” ucap Yahya.

Menurutnya, banyak masjid di Kecamatan Bolangitang Timur, tapi masjid Al-Musyawarah yang dipilih DMI untuk lawatan tersebut.

Seperti kunjungan safari sebelumnya, tim safari membagikan bantuan berupa peralatan sholat dan paket sembako kepada kaum duafa di Desa Binuanga.

Selain pengurus DMI Kabupaten, turut dalam tim tersebut, seluruh Kepala SMA dan SMK se Kabupaten Bolmut, para guru SMA Bolangitang Timut, kepala Madrasah Tanfids Qur’an Bolangitang Timur juga Ketua DMI Kecamatan Bolangitang Timur.¬†(Rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *