banner 1198x899 banner 1198x899

Pemkab Bolmut Apresiasi Gelar Karya P5 SMA Negeri Bolangitang Timur

Abd. Muto Dg. Mulisa, S.Pd, MM

Bolmut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memberi apresiasi Gelar Karya P5 SMA Negeri 1 Bolangitang Timur.

Apresiasi itu disampaikan oleh Staf Khusus Bupati Bolmut Abd. Muto Daeng Mulisa dalam sambutannya mewakili Bupati Bolmut pada acara Gelar Karya SMA Negeri 1 Bolangitang Timur, Kamis (29/02/2024).

“Sangat luar biasa, saya memberi apresiasi kepada civitas akademika SMA Negeri 1 Bolangitang Timur,” kata Muto.
Menurutnya, siswa SMA Negeri 1 Bolangitang Timur sudah mampu mewujudkan karya nyata sebagai elemen bangsa.

Olah raga bela diri menjadi salah satu bidang yang dikembangkan dalam P5 di SMA Negeri 1 Bolangitang Timur.

“Saya katakan luar biasa, karena civitas akademika sekolah ini mampu merealisasikan apa yang dipikirkan, kebanyakan hanya mampu menjadi pemikir, tapi belum tentu bisa mewujudkannya,” terang Muto.

Muto menitikberatkan pada Gelar Karya pertanian holtikultura yang ditampilkan.
Menurutnya, komoditas pertanian sangat menunjang pertumbuhan ekonomi terutama dalam menekan inflasi.

“Saya tertarik dengan komoditas pertanian yang ditampilkan, ini wujud kongkrit dunia pendidikan dalam upaya menekan pertumbuhan inflasi daerah,” beber Muto.

Dalam melestarikan adat sebagai kebudayaan lokal, SMA Negeri 1 Bolangitang Timur menitik beratkan P5 pada prosesi pelaksanaan adat pernikahan. Prosesi yang ditampilkan ini berupa tahapan peminangan, yang diperagakan langsung oleh para siswa Sekolah tersebut.

Selain itu, Muto mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga menjadi bagian dari Gelar Karya P5 di SMA Negeri 1 Bolangitang Timur.

“Saya juga melihat ada stand UMKM, untuk pengembangan ini, kita sama-sama upayakan bahan bakunya juga bersumber dari komoditas lokal,” tambah Muto.

Menariknya, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), juga mendorong para siswa untuk melestarikan adat dan kebudayaan lokal.

Pantauan media ini, ditampilkan pula prosesi ada peminangan yang diperagakan oleh para siswa SMA Negeri 1 Bolangitang Timur.

Pada prosesi adat itu, siswa terbagi dalam Dua kelompok, yakni kelompok calon pengantin perempuan dan kelompok calon pengantin laki-laki lengkap dengan perangkat adatnya.

Selain itu, P5 yang dikembangkan juga dari bidang olahraga berupa bela diri dan kesenian bertajuk kebudayaan lokal, baik tarian tradisional maupun paduan suara. (Rom) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *