banner 1198x899 banner 1198x899

Tekad Sirajudin Seiring Penetapan APBD 2024

Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, dalam sambutan pada sidang paripurna penetapan Ranperda APBD tahun anggaran 2024, Kamis (30/11/2023)

Bolmut – Pembenahan teknis perencanaan pembangunan mendatang menjadi tekad kuat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sirajudin Lasena.

Demikian ditekankannya dalam sambutan pada sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut, Kamis (30/11/2023).

“Saya mempunyai tekad yang kuat untuk berbenah guna perbaikan teknis perencanaan pembangunan di masa yang akan datang,” tegasnya.

Meskipun demikian dirinya menyadari masih terdapat banyak kekurangan pada tahapan pembangunan di Kabupaten Bolmut.

Sehingga melalui penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Bolmut tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024 Sirajudin, mengungkapkan keyakinannya atas kemampuan kolektif yang ada.

Kemampuan kolektif itu tercermin pada dinamika yang berkembang dalam pembahasan Rancangan APBD tahun 2024 yang berujung pada kesamaan persepsi, meskipun dalam perjalanannya sempat alot.

“Alhamdulillah segala permasalahan dalam rangka penyempurnaan ranperda APBD tahun anggaran 2024 dapat kita selesaikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan yang ditentukan,” ungkapnya.

Disadarinya, masih banyak usulan dan kebutuhan yang belum terakomodir pada APBD tahun 2024, hal itu disebabkan oleh terbatasnya anggaran.

“Saya menyadari bahwa tidak semua usulan dan kebutuhan yang dapat kita akomodir di tahun 2024, namun kita juga menyadari bahwa kemampuan keuangan kita masih sangat terbatas, sehingga dibutuhkan kematangan dalam menentukan porsi belanja secara objektif,” ujar Sirajudin.

Menurutnya, sidang paripurna DPRD tersebut merupakan wujud kesetaraan dan kemitraan Eksekutif dan Legislatif terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Pemikiran kritis dan rasional dari segenap pimpinan dan anggota DPRD terhadap Ranperda APBD tahun 2024 adalah wujud dari keinginan untuk menemukan kesamaan persepsi dan interprestasi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” bebernya.

Sebagai pimpinan eksekutif Sirajuddin, menyadari apa yang dicapai tersebut bukan suatu hal yang mudah untuk diwujudkan.

“Tidak sedikit waktu, pikiran dan tenaga yang telah saudara-saudara anggota DPRD korbankan demi tercapainya kesepakatan bersama tentang APBD tahun 2024,” katanya

Ditambahkannya, sejumlah masukan dan kritikan serta fokus permasalahan yang mengemuka pada setiap pembahasan tersebut, diyakininya untuk menambah bobot dan kualitas dari rancangan peraturan daerah tentang APBD Tahun 2024.

“kondisi tersebut telah mengantarkan kita pada suatu posisi yang sangat paripurna terhadap ranperda tentang APBD tahun 2024,” tutup Sirajudin.

Sebelumnya, juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmut Akrida Datunsolang, melaporkan postur anggaran APBD tahun 2024.

Secara umum total pendapatan daerah dalam kisaran 609.328.782.148 rupiah sedangkan proyeksi belanja keseluruhan pada tahun 2024 berada pada angka 634.260.492.857 rupiah.

“Devisit Dua Puluh Lima milyar, Sembilan Ratus Tiga Puluh Dua juta Tujuh Ratus Sepuluh ribu Tujuh Ratus Sembilan rupiah,” sebut Akrida. (Rom) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *