banner 1198x899 banner 1198x899

Menuju Produktivitas Petani, Pemkab Bolmut Latih Penyuluh

30 penyuluh pertanian mengikuti Diklat Dasar Ahli Fungsional Penyuluh Pertanian Kabupaten Bolmut Tahun 2023 di Manado, Rabu (15/11/2023)

Bolmut – Produktivitas petani menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Keseriusan itu diwujudkan dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar penyuluh pertanian yang dilaksanakan di salah satu hotel di Manado, Rabu (15/11/2024).

Dalam sambutan Bupati Bolmut Sirajudin Lasena, yang dibacakan oleh Assisten Bidang Administrasi Umum Uteng Datunsolang, menyebutkan Diklat tersebut untuk meningkatkan keterampilan penyuluh.

“Diklat dasar ini tidak hanya menjadi wadah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para penyuluh pertanian, tetapi juga sebagai upaya konkret untuk mendukung pertumbuhan sektor pertanian di daerah,” sebut Uteng.

Dijelaskannya, sektor pertanian menjadi salah satu pilar utama pembangunan daerah, sehingga Pemkab Bolmut senantiasa mendukung dan mendorong pengembangan sektor tersebut.

“Diklat ini merupakan bukti nyata keberpihakan Pemerintah Daerah terhadap pembangunan di bidang pertanian,” jelas Uteng.

Dia berharap, dari keterampilan yang diperoleh akan mampu dimanfaatkan untuk membina para kelompok tani, sekaligus mengawal program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saya berharap, melalui keterampilan yang diperoleh, penyuluh mampu memberi kontribusi dan membina kelompok tani sehingga program pemerintah tentang peningkatan kesejahteraan petani dapat terwujud,” tutup Uteng.

Diklat Dasar tersebut diikuti oleh 30 orang penyuluh pertanian dengan nomenklatur Diklat Dasar Ahli Fungsional Penyuluh Pertanian Kabupaten Bolmut Tahun 2023.

Dilaporkan, total kelompok Tani yang teridentifikasi di Dinas Pertanian Bolmut sebanyak 780 dengan total jumlah petani sebesar 10.893 orang. (Rom) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *