banner 1198x899 banner 1198x899

Pilkada Hampir Separuh Jalan, KPU Sulut Gelar Rakor Finalisasi Dana Hibah

AKRAB : KPU Provinsi Sulawesi Utara bersama KPU Kabupaten/Kota saat menggelar rapat koordinasi terkait finalisasi dana hibah 2024, Minggu (12/5).

Manadoradarsulut.com–Perhelatan pesta demokrasi lima tahunan yakni pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sudah berjalan hampir setengah jalan. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus menggenjot persiapan demi persiapan.

Kali ini digelar disalah satu hotel di Manado Minggu (12/5), lembaga penyelenggara pemilu tersebut melaksanakan rapat koordinasi persiapan Pilkada serentak dan finalisasi anggaran dana hibah tahun 2024.

Tak tanggung-tanggung seluruh jajarannya di 15 Kabupaten/Kota se Sulut dikumpulkan. Dimana turut hadir masing-masing Ketua KPU Kabupaten/Kota, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sekertaris, Kepala Subbag Perencanaan Data dan Informasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa anggaran dana hibah Pilkada 2024 serta operator perencaanaan KPU Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini sendiri dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, yang dalam sambutannya mengatakan tujuan rakor ini adalah mempersiapkan tahapan Pilkada yang sudah dan sedang berlangsung yakni persiapan pengganggaran, pembentukan badan adhoc dan pencalonan perseorangan.

“Kemudian kinerja yang baik harus ditingkatkan lebih baik bagi KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara Pemilu dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Menjadi tugas dan kewajiban kita menyelenggarakan Pilkada 2024 ini dengan regulasi yang ada serta ditopang dengan anggaran hibah,”ujar mantan Anggota Bawaslu Sulut itu.

Poluan menambahkan, dalam rakor ini juga dilakukan penyandingan Rincian Anggaran Biaya (RAB) oleh masing-masing Kabupaten/Kota dan penandatangan berita acara penyesuaian biaya operasional badan adhoc PPK dan PPS untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Kita semua berharap dengan dukungan dana hibah yang ada Pilkada 2024 ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih sebagaimana yang terjadi pada pemilu baru-baru ini,”terang putra asli Minahasa Selatan ini.

Diketahui, pada kegiatan ini turut hadir Anggota KPU Sulut Meidy Tinangon, Lanny Ointu serta para narasumber antara lain Kepolisian Daerah Sulut, Kejaksaan Tinggi Sulut, Kesbangpol Sulut, UKPBJ KPU RI, serta dari Inspektorat Utama KPU RI.(fjr)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *