banner 1198x899 banner 1198x899

Panen Kentang Upland, Pemkab Minsel Berterima Kasih Kepada Pendonor dan Kementerian

 

MINSEL – Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt Petra Yani Rembang menghadiri kegiatan Panen Kentang di Lokasi Upland Project di Desa Palelon, Kecamatan Modoinding, Minahasa Selatan, Rabu (20/04).

Kegiatan tersebut juga dihadiri utusan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Diwakili Kabid PSP,  Ir Bernst Runtuwene, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Selatan, Franki Pasla SE MSi bersama jajaran, Camat Modoinding, Patrio Tandaju SE, Pmc Regional VI, Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Manado, Ir Dedi Tooy MSi Phd yang diwakili wadek dua Dr Caroline Pakasi,MSi bersama Civitas Akademika Fakultas Pertanian Unsrat Manado. Serta sebanyak 35 Kelompok Tani penerima manfaat Upland Tahun 2021 dan 66 Kelompok Tani penerima manfaat Upland Tahun 2022 ikut hadir.

Wabup Minsel Petra Yani Rembang mengatakan  tahun 2021 untuk kegiatan the development of integrated farming system in upland areas (upland) dianggarkan sebesar 7 miliar 356 juta rupiah dengan realisasi 7 miliar 15 juta 211 ribu 630 rupiah dan sudah di reimburse (kembali ke kas daerah) 100 %. “Pemerintah kabupaten Minsel tetap berkomitmen untuk menyediakan anggaran pembiayaan untuk pelaksanaan kegiatan upland sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yaitu sebesar 68 miliar 826 juta 500 Ribu rupiah yang rencananya akan dilaksanakan selama 4 tahun anggaran mulai tahun 2021 hingga tahun 2024,” kata Wabup.

Lanjutnya, pemerintah daerah dan masyarakat Minsel berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pendonor dan kementerian pertanian republik indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada kabupaten Minahasa Selatan.”Sebab dari sekian banyak kabupaten/kota yang ada di Indonesia hanya 14 kabupaten yang mendapatkan program the development of integrated farming system in upland areas ini,” katanya lagi.

Lanjutnya, untuk panen kentang sudah banyak petani penerima upland yang sudah memanen. Dari informasi yang diterima hasilnya sangat bagus . ‘’Bahkan pembeli pun sampai berebutan membeli. karena hasilnya bagus,’’ujarnya.

Kegiatan upland ini berfokus di daerah dataran tinggi sehingga hanya dilaksanakan di Kecamatan Modoinding. Dari Panen kentang kegiatan upland tahun anggaran 2021, diharapkan seluruh kelompok tani penerima manfaat tetap solid untuk mensukseskan kegiatan ini, baik 35 kelompok tani penerima manfaat upland tahun 2021 maupun 66 kelompok tani penerima manfaat tahun 2022.

Dia menambahkan  , dengan memanfaatkan bantuan yang diterima secara optimal agar benar benar memberikan dampak pada peningkatan produksi kentang khususnya dan peningkatan pertanian pada umumnya.”Dinas pertanian selaku perangkat daerah pelaksana kegiatan Upland harus memanfaatkan dana sesuai dengan peruntukkannya. Agar dana miliaran rupiah yang diterima dapat memberikan dampak yang maksimal bagi pembangunan pertanian di kabupaten minahasa selatan,” imbaunya. (tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *