banner 1198x899 banner 1198x899
Berita  

Terima Penghargaan Pena Emas dari PWI, Gubernur Olly :Peran Pers Pembangunan di Sulut Besar

 

MANADO–Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dianugerahi penghargaan Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang bertempat di Ecovention Ancol Jakarta, Selasa (20/02/24).

Penghargaan tersebut, diberikan sebagai bentuk apresiasi, karena dinilai berjasa membangun pers nasional. Gubernur Olly tercatat sebagai pejabat asal Sulut keempat yang menerima penghargaan tertinggi dari PWI.

Gubernur Olly mengaku bangga, karena mendapatkan anugerah Pena Emas dari PWI.

Menurutnya, peran pers dalam pembangunan di Sulut, kata Olly, telah memberi dampak positif.

“Pers, tidak saja menjalankan fungsinya untuk memberikan informasi kepada masyarakat, namun juga melakukan kontrol sosial,” tukasnya.

Informasi yang disampaikan media, sambungnya, menjadi referensi dalam melihat pembangunan.

“Karena dari media saya bisa mengetahui kondisi yang terjadi di masyarakat,” tutur Olly.

Presiden Republik Indonesia (RI), Ir Joko Widodo yang turut hadir, memimpin
langsung jalannya kegiatan yang mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Kebutuhan Bangsa”.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2024 dan rasa terima kasih karena telah konsisten menemani pemerintah dan masyarakat dalam menjaga demokrasi serta turut mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024.

Presiden Jokowi menitipkan 2 (dua) pesan. Pertama, pers sebagai salah satu penjaga demokrasi, sebagai rumah bersama agar memberitakan fakta bukan asumsi atau seolah-olah mengada-ada.

“Kedua, saya titipkan kepada perusahaan pers untuk melakukan langkah-langkah konkret, membuat inovas untuk merespon perubahan jaman, dan mandiri menyikapi persaingan global,” ungkap Presiden Jokowi.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu menyampaikan bahwa Pers, tengah mengalami turbulensi akibat kehadiran Artificial Intelligence.Ia mengungkapkan bahwa terdapat kurang lebih 800 pekerja media nasional pada tahun 2023 yang mengalami PHK.

Ninik berharap kepada Presiden dan Wakil Presiden yang akan terpilih untuk memberikan dukungan sistemik kepada pers guna mendongkrak demokrasi di Indonesia

Pada puncak HPN tersebut, juga diserahkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, penghargaan anugerah PWI 2024 kepada para bupati/wali kota dan medali emas kemerdekaan pers kepada Menlu Retno Marsudi yang diwakili oleh Wamenlu Pahala Nugraha Mansury.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *