banner 1198x899 banner 1198x899

Tenaga Pendidik Jurusan Teknik Sipil Ikuti Pelatihan Drone

MANADO—RADARSULUT—Tenaga pendidik jurusan Teknik sipil mengikuti pelatihan drone. “Untuk sementara, tenaga pendidik jurusan Teknik Sipil, kiranya ke depan ada lagi jadwal bagi tenaga pendidik lainnya sesuai jadwal yang ada,” ungkap Instruktur Pilot Drone yang juga Ketua Regional asosiasi Pilot Drone Sulut Mad Syarief Kamis (03/02/2022).

Menurutnya, pelatihan drone dilakukan selama 5 hari, terhitung dari hari Selasa kemarin hingga Sabtu. ‘’Pelatihan dilakukan di halaman Gedung Olahraga (Gor) Polimdo setiap sorenya, sesuai dengan dari jurusan itu sendiri,” ujarnya.

  Mad juga menambahkan, materi praktek yang diberikan yaitu pemahaman dalam mengoperasikan drone dengan menggunakan mode GPS (automatic pilot), maupun ATTI MODE (manual pilot). Dimaksudkan disini, agar semua pilot bisa menerbangkan drone dalam kondisi normal maupun tidak, agar setiap dosen mampu menerapkan keahlian ini kepada mahasiswa.“Sedangkan teori lebih kepada pemahaman tentang aturan pemerintah yg telah dikeluarkan oleh kementrian perhubungan tentang pengoperasian pesawat udara tanpa awak sehingga bisa tercipta keamanan pada udara pm37 2020, dan juga diberikan teori pengenalan jenis-jenis, dan kegunaan drone termasuk fungsinya,” jelasnya.

Ia berharap, agar setiap peserta pelatihan mampu menerapkan teknik pengoperasian drone secara baik dan profesional, serta menjadikan hobi, dan menjadi pilot drone yg mampu terbang secara aman, dan bermartabat. Diharapkan setelah pelatihan ini setiap peserta akan diuji untuk mendapatkan lisensi sebagai pilot drone profesional. “Pelatihan ini berkelanjutan nanti dengan mendidirikan Polimdo drone pilot training centre dengan harapan siapa saja yg mau latihan pilot drone bisa datang di politeknik,” cetusnya.

Sedangkan Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo,MBA menjelaskan beberapa waktu lalu, sangat mengapresiasi langkah kreatif yang dilakukan mahasiswa maupun tenaga pendidik dalam mengembangkan kompetensinya. “Drone adalah salah satu teknologi yang telah merambah semua aspek kehidupan. Pemanfaatan drone bukan hanya di bidang militer, dan entertainment. tetapi, juga termasuk bidang yang dianggap tidak mungkin untuk dimasuki drone, seperti perpajakan. Drone akan menjadi kebutuhan vital dikemudian hari,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *