banner 1198x899 banner 1198x899

Pertama di Sulut, Pelatihan Batik Khas Minahasa Utara Digelar

CIR KHAS : Pemkab Minahasa Utara saat menggelar pelatikan batik khas Minahasa Utara di JGC, Kamis (19/10).

Minutradarsulut.com–Satu lagi sepak terjang dilakukan Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dalam membawa Kabupaten Minahasa Utara meraih prestasi. Minahasa Utara menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang melaksanakan pelatihan design motif batik khas bumi Klabat itu.

Kegiatan pelatihan ini berkat kerjasama Pemkab Minut, Dekranasda dan TP PKK Minut, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulut dan Dinas Perindustrian Minut yang disponsori Yanni Handicraft dan Wale Batik Minahasa.

“Menurut data Dekranasda Sulut, Minut Pemkab pertama melaksanakan pelatihan pembuatan Batik di Sulut,” ujar Bupati Minut Joune Ganda kepada awak media usai membuka pelatihan mendesaian batik tersebut, Kamis (19/10) di JGC Airmadidi.

Menurut Bupati Joune Ganda, kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan harapan pemerintah Minut dalam melestarikan kearifan lokal khususnya motif batik khas.

Bupati Joune Ganda menambahkan kegiatan pelatihan ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan skil masyarakat yang memiliki ketrampilan dasar dan kemauan untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi keluarga.

“Atas nama pemerintah kabupaten Minut mengapresiasi pihak Dekranasda Sulut sebagai penggagas kegiatan ini, semoga nanti melahirkan karya corak batik khas Minut yang menarik,” kata bupati sambil menegaskan selain akan mencetak UMKM baru di bidang seni menenun batik, hal ini juga ada korelasi dengan pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang.

Sementara itu, Plh Kadis Perdagangan Minut ,Plt Kadis Perindustrian Minut Agnes Tumangkeng dalam laporannnya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan dana yang tertata dari APBD-Perubahan, dimana pesertanya sebanyak 50 orang perwakilan dari 10 wilayah Kecamatan di Minut.

“Kegiatan ini mendapat respon positif dan didukung penuh oleh Ketua Dekranasda Minut Ibu Rizya Ganda Davega.” ujar Tumangken

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perekonomian Minut Alan Mingkid,   Dekranasda Provinsi, Merry Karauwan (sebagai koordinator Bidang usaha baru/ kreatif), Ketua Dekranasda Minut, Rizya Ganda Davega hadir, narasumber Yannie (yanni handicraft) dan Veldy Umbas (wale batik minahasa), para Kepala Dinas, para Camat dan pejabat terkait lainnya.(fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *