banner 1198x899 banner 1198x899

Pukulan Gong Ketua Apkasi Joune Ganda, Launching AOE 2024 Resmi Dihelat

SAH : Ketua Bidang Politik dan Keamanan Apkasi Joune Ganda saat memukul gong sebagai tanda launching AOE 2024 dimulai.

Jakartaradarsulut.com–Terobosan hebat dilakukan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Terbukti, saat organisasi himpunan Pemkab se Indonesia itu berhasil mendorong trend positif pertumbuhan ekonomi daerah pasca Indonesia dihantam covid 19 selang tiga tahun ke belakang.

Terbaru, Selasa (3/10) Apkasi kembali melaunching kegiatan rutin pameran komoditi unggulan tahunan terbesar di tanah air. Dengan mengangkat tajuk Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Ketua Apkasi Bidang Politik dan Keamanan, Joune J.E Ganda, mewakili Ketua Umum Apkasi mengatakan, apresiasi kepada para bupati, wakil bupati serta pejabat pemerintah kabupaten yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan launching AOE 2024 ini.

“Kami dewan pengurus Apkasi berharap kegiatan AOE 2024 yang hari ini kita luncurkan, benar-benar dapat diikuti oleh segenap anggota dan dijadikan sebagai peluang dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah masing,” tegas Bupati Minahasa Utara ini seraya menghimbau kepada kabupaten yang belum menganggarkan keikutsertaan dalam kegiatan AOE 2024 agar segera bisa diusulkan proses penganggarannya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang selaku Ketua Pelaksana AOE 2024 menjelaskan, pameran akan digelar pada 10-12 Juli 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center atau JCC, Senayan, Jakarta dengan mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kata dia, AOE 2024 merupakan event ke-19 kalinya. Ini merupakan wadah dan moment yang tepat untuk melanjutkan pemulihan ekonomi daerah di berbagai sektor, terutama di sektor perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif serta investasi.

“Tentunya, pemerintah daerah dan stakeholder lain harus memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, mengingat permintaan ekspor komoditi pertanian dan perkebunan, seperti kopi, coklat, karet, rempah-rempah, jagung, kelapa, sayuran dan buah-buahan mulai kembali menggeliat. Peluang ini harus segera ditangkap oleh pemerintah daerah,”ujarnya.

Sarman menambahkan sektor pariwisata pun mulai menggeliat dengan dibukanya kembali spot-spot wisata di Indonesia. Selain itu, para investor mulai melirik daerah untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor. Melalui even promosi yang bertajuk AOE 2024 Trade, Tourism & Investment, Apkasi mencoba memfasilitasi daerah memanfaatkan berbagai momentum dalam membangkitkan dan memulihkan perekonomian daerah.

Lanjutnya, dalam event AOE 2024 Apkasi siap memfasilitas para buyer dan investor potensial melalui kerjasama dengan Kementerian Perdagangan serta melibatkan Indonesia Promotion Trade Center (ITPC) yang ada di luar Negeri.

“Untuk itu kami berharap seluruh anggota Apkasi dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote dapat berparsipasi menjadi peserta AOE 2024 mendatang, dan kami berharap Korwil-Korwil seluruh Indonesia dapat mengimbau seluruh anggotanya untuk berpartisipasi pada kegiatan dimaksud. Karena, Korwil merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan Apkasi,”tukasnya.

Sementara itu Project Manager AOE 2024, Syaifuddin Chaidir mengakui pemerintah kabupaten tampak antusias untuk ambil bagian di ajang pameran Apkasi yang akan digelar tahun depan. “Sebanyak 146 dari total 363 stand sudah terpesan atau sebanyak 42% kuota sudah terisi. Kami memprioritas pemerintah kabupaten yang belum ikut untuk segera memesan stand agar bisa memilih space-space yang strategis,” ujarnya.

“Di event AOE 2024 nanti, seperti biasa akan banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh para peserta. Selain pameran atau expo, akan ada berbagai side event. Diantaranya, Business Matching, Workshop, Fashion Show Wastra Nusantara, Apkasi Jurnalistik Award dan Pertunjukan Seni Budaya.

Diakhir acara, sebagai tanda dimulainya proses kegiatan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2024, Ketua Apkasi Bidang Politik dan Keamanan Joune J.E Ganda yang juga Bupati Minahasa Utara melakukan pemukulan gong yang disambut tepuk tangan seluruh hadirin.(fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *