banner 1198x899 banner 1198x899

Proses Penerimaan Dibuka, Unsrat Siap Terima 5200 Calon Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024

 

 

Manado – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado siap menerima sebanyak 5.200 calon Mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 lewat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

 

Penerimaan kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahapan  Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang sementara berlangsung, diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023. Untuk jalur penerimaan terdiri dari tiga jalur pertama Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), kedua Seleksi Nasional Berdasarkan Teknologi (SNBT) dan ketiga Mandiri .

Adapun pengembangan model proses seleksi sesuai proses pengembangan teknologi informasi dan era digitalisasi melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Gerung menyampaikan, penerimaan tahun ini agak berbeda dan lebih dekat dengan cara kurikulum 2024 nanti atau skolastik.

 

“Berbeda dengan penilaian lalu secara parsial setiap mata pelajaran, sekarang rata-rata mata pelajaran yang ditempuh di SMA, plus prestasi. Sehingga di penerimaan tertulis akan banyak soal skolastik, tidak lagi partial scientic dan humanora.,” katanya pada kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru yang dihadiri para Kepsek SMA/SMA di Rektorat Unsrat, Senin (5/3/2023)

 

Unsrat juga melihat seberapa banyak siswa itu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mempunyai prestasi.

“Persaingannya adalah prestasi nasional,” ungkap Gerung.

Lanjut dirinya mengingatkan bahwa untuk dua jalur penerimaan, yakni SNBP dan SNBT merupakan seleksi nasional sehingga berarti persaingan nasional.

“Saya ingin banyak dari Sulut yang masuk tahun ini, sebab kalau di lihat tahun sebelumnya, banyak dari luar Sulut. Tetapi sekali lagi, mahasiswa yang masuk adalah yang lolos seleksi nasional,” katanya.

Sedangkan untuk seleksi Mandiri dikhususkan bagi siswa lokal di Sulut, tentunya dengan menggunakan nilai UTBK.

Adapun untuk pendaftaran SNBP (sudah ditutup 28 Februari) dan SNBT maka calon mahasiswa memerlukan registrasi akun SNPMB.

Registrasi akun SNPMB untuk UTBK SNBT yang awalnya direncanakan ditutup pada 3 Maret lalu diperpanjang hingga 17 Maret 2023.

 

Ia mengingatkan calon mahasiswa untuk berusaha dengan benar, baik untuk Jalur Prestasi, Tertulis maupun Mandiri.

“Unsrat tidak bersedia menerima titipan-titipan, negosiasi dan lain-lain. Kami kedepankan lulus dengan prestasi dan tes tertulis berbasis komputer juga mandiri, secara benar,” terangnya.

 

Diketahui, Unsrat memiliki 11 Fakultas plus Pascasarjana, yakni Kedokteran, Teknik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum, Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Peternakan dan Ilmu Sosial dan Politik.

 

“Nantinya ada 8 program studi yang nantinya akan terakreditasi internasional,” tambah Gerung.(tha)

Penulis: atha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *