banner 1198x899 banner 1198x899

Lewat Rapat Paripurna, Bentian Jabat Ketua DPRD Talaud

 

TALAUD –Semuel Bentian resmi menjabat Ketua DPRD Kabupaten Talaud, yang sebelumnya dijabat   Jakob Mangole SE dari partai PDIP.  Selasa(28/2/2023) di ruangan sidang DPRD Talaud di Melonguane.

Bentian dilantik dalam rapat paripurna DPRD Selasa (28/2/2023) di ruang sidang  dengan pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Talaud, Djekmon Amisi SH.

Djekmon Amisi mengatakan  kegiatan ini, ada 18 orang anggota DPRD Talaud yang hadir ditandai dengan daftar hadir yang terdiri dari seluruh fraksi. Maka berdasarkan Peraturan DPRD Talaud Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Tata Tertib Pasal 99 Ayat 1 hurup C, qorum rapat telah terpenuhi.

“Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024, dinyatakan Terbuka untuk Umum,” ucapnya.

Selanjutnya, Sekretaris DPRD Talaud Arvan Bawangun SH.MH membacakan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE.

Dimana;
Surat No. 100/283/Sekret-01, sifat penting perihal pemberitahuan meninjaklanjuti Surat Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara nomor 100/23.1070Sekre/o hal penyampaikan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara berdasarkan surat dimaksud agar segera melaksanakan rapat paripurna dalam rangka Pengambilan Sumpah Janji Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Pengganti Antar Waktu (PAW) Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024.

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan. Atas nama Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Sekretaris Daerah, Dr. Yohanis BK. Kamagi AP. MSi.

Terpisah, Bupati Talaud Dr. dr. Elly Engelbert Lasut ME, mengatakan salah satu peran DPRD Talaud yang kuat ketika kita menghadapi Covid-19 yang mengancam Kabupaten Talaud tersebut. Pemerintah daerah bahu membahu bersama anggota legislatif dalam melaksanakan tugas tersebut. Dimana saat itu ada sekitar 13 orang korban meninggal terinfeksi virus Corona. Dengan upaya kerja keras sehingga mampu mangatasi dan mengendalikan dampak virus Corona saat itu.

” Perlu kita apresiasi peran aktif a¹nggota DPRD Talaud dalam bekerjasama dengan Pemerintah Daerah khususnya pada usaha pencegahan dan pengendalian Covid-19 tahun kemarin,” ungkap Elly Lasut saat menghadiri paripurna pengucapan Sumpah Janji Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Pengganti Antar Waktu (PAW) tersebut.

Lanjut E2L, Ketua DPRD Talaud yang baru dilantik diucapkan selamat dan respek rasa hormat yang tinggi bersam ketua lama. Semoga pengabdian yang dilakukan oleh Ketua lama akan menjadi berkat baginya dan keluarganya. Demikian juga kepada Ketua Baru, betul-betul akan direalisasikan lewat langkah-langkah membangun Kabupaten Talaud sesuai apa yang menjadi tanggungjawab.

” Sambil mengucapkan Selamat kepada Ketua DPRD baru dan keluarga atas dasar kepercayaan negara. Kepada Ketua DPRD Talaud baru, Semuel Bentian SH.MH dimana jabatan ini merupakan berkat dan kehormatan yang diberikan Tuhan. Sehingga wajib untuk bersyukur kepada Tuhan,” ucap Lasut.

Sementara, Ketua DPRD Talaud yang baru dilantik Semuel Bentian SH.MH menggatakan bahwa proses Pengganti Antar Waktu(PAW) atas dasar peraturan dan undang-undang yang berlaku sesuai mekanisme.

Didasarkan surat referensi diri oleh Ketua DPRD yang lama Jakop Mangole SE dan Berita Acara dari Gubernur Sulawesi Utara. Dan proses pelantikan dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Melonguane.

Diketahui, pada giat tersebut ditandai dengan Penandatanganan dan Penyerahan Berita Acara Bupati Kabupaten Talaud kepada Ketua DPRD Talaud yang baru.

Saat ditanya langkah kebijakan pertama yang harus dilaksanakan baik di internal Legislatif maupun Eksekutif dalam menunjang pembangunan daerah, Semuel Bentian mengatakan bahwa langkah pertama dirinya akan menertibkan administrasi yang ada di Sekretariat Dewan agar kesinambungan bekerja akan lebih baik lagi kedepan.

Selain itu, sinergitas bersama pihak Eksekutif dalam hal ini Pemerintah Daerah akan terus dipacu agar menghasilkan sistem pemerintahan yang aman dan bersih. Dimana, melalui Sekretaris DPRD Talaud yang merupakan perwakilan pemerintah daerah akan terus menjalin kerjasama yang baik sehingga tidak saling Miskomunikasi.

” Saya harap Legislatif dan Eksekutif dapat bekerjasama dengan baik demi tercapainya pembangunan daerah secara merata dan kesejahteraan rakyat Talaud,” pungkas Bentian yang juga Bendahara DPC Partai PDIP Talaud. (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *