banner 1198x899 banner 1198x899

Unsrat Juara II Pengelolaan Pojok Statistik Perguruan Tinggi Tahun 2022

MANADO–Unsrat kembali mendapat penghargaan National Award yang meraih juara II Pengelolaan Pojok Statistik perguruan tinggi tahun 2022. Prestasi yang diraih ini tidak gampang , karena Unsrat bersaing diantara 82 Perguruan Tinggi ternama.

Penghargaan diberikan oleh Kepala BPS Pusat di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2023 dengan disaksikan oleh Menteri PAN RB, yang dirangkaikan dengan acara Launching Reformasi Birokrasi 2023 dengan tema Kolaborasi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Oktovian Berty Alexander Sompie, M.Eng dalam kesempatan tersebut didampingi oleh WR2 Dr.Ronny Maramis, SH, MH, dan WR4 Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, DEA. Penghargaan juga diberikan kepada BPS Sulawesi Utara yang diterima oleh Kepala BPS Sulut Asim Saputra yang juga menjadi Mitra UNSRAT dalam berkolaborasi.

‘’Universitas Sam Ratulangi sebagai lembaga pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia Timur senantiasa mengembangkan diri melalui kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan Badan Pusat Statistik (BPS),’’jelasnya.

BPS adalah lembaga negara yang memang memiliki tupoksi dalam mensensus, mengkoleksi dan mengelola berbagai data untuk kepentingan akademik dan pembangunan, karena itu maka UNSRAT berkepentingan untuk bekerjasama dengan BPS dalam rangka pengembangan bidang tridharma PT.


Demkian disampaikan oleh WR4 Prof.Dr.Ir.Sangkertadi, DEA. Sebagai salah satu Juara, maka Rektor Unsrat Prof Berty, diminta untuk menyampaikan kata sambutan sampaikan bahwa Pojok Statistik di Universitas Sam Ratulangi merupakan pusat pengelolaan data dan informasi statistik yang bersumber dari BPS. Fasilitas ini berdiri pada tahun 2022, segera setelah di tandatangai MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan BPS Sulut pada tahun 2021.

Pojok Statistik Unsrat Dipimpin oleh Dr.Deiby Salaki, S.Si, M.Si dari FMIPA. Segera setelah peresmian Pojok Statistik pada 5 Oktober 2022, tim yang dipimpin oleh Dr.Deiby Salaki langsung
Selain itu, sejumlah mahasiswa Unsrat juga dinobatkan sebagai Duta Statistk dalam melayani proses pendataan, pengolahan data atau distribusi data bagi kalangan umum maupun pihak tertentu yang menbutuhkan. Demikian ditambahkan oleh WR2 Dr.Ronny Maramis, SH, MH. Rektor Unsrat Prof.Dr.Ir.Oktovian Berty Sompie, M.Eng, berpesan pada jajarannya agar fasilitas Pojok Statistik bukan nantinya hanya sekedar dipeliharan namun juga harus terus dikembangkan melalui kerjasama yang lebih erat dengan BPS, dan selanjutnya Pojok Statistik UNSRAT juga harus berperan membantu pembangunan Provinsi Sulawesi Utara melalui pengolahan data data akurat yang dikelola.

Kini para mahasiswa, dosen dan peneliti Unsrat dalam mencari data data untuk pembelajaran maupun penelitian, tidak perlu jauh jauh pergi ke tempat lain, namun cukup datang ke Pojok Statistik atau mengkakses melalaui jaringan internet yang terhubung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *