banner 1198x899 banner 1198x899

Dibuka Kepel Pameran Historika dan Alat Musik Tradisional, Dikbud Tingkatkan Pelayanan dan Akses Masyarakat Terhadap Museum

MANADO– Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Kebudayaan Daerah (Disbud) melaksanakan Pameran Historika dan Alat Musik Tradisional.
Pameran ini dibuka Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Steve Kepel, di Aula Museum Sulawesi Utara, Selasa (6/12/2022).
Adapun kegiatan ini nantinya akan berlangsung 6-10 Desember 2022. Sebagai upaya pengembangan museum Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan Sulut Jani Lukas menjelaskan pameran ini menghadirkan masyarakat umum termasuk siswa dan mahasiswa untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi tentang histori.
“Khususnya pameran historika dan alat musik tradisional merupakan bagian dari koleksi museum. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan akses masyarakat terhadap Museum serta meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke museum,” tuturnya.

Menurut Jani Lukas, pihaknya terus berupaya melakukan pengembangan terhadap museum di Sulawesi Utara.
“Tujuannya untuk pengembangan museum Sulawesi Utara. Dalam rangka pemajuan kebudayaan dan pokok-pokok pemikiran kebudayaan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekprov Steve Kepel mengatakan, lewat pameran museum ingin memperagakan terkait budaya asli daerah di Sulut.
“Museum sebagai tempat kita melindungi dan memanfaatkannya. Dari setiap benda yang dipamerkan ada narasi yang disampaikan. Dari setiap yang disampaikan ada sejarah yang ditulis hingga menjadi sesuatu yang bermakna,” kata Steve Kepel.


Mantan Kadis PU ini berpesan, informasi dari apa yang dipamerkan ini harus disebarluaskan.
“Harus disampai-sampaikan, kalau perlu semua masyarakat tahu. Apa yang kita pamerkan harus disampaikan informasinya lewat media sosial yang saat ini lagi gemar ditonton masyarakat,” tandasnya.(tha)

Penulis: atha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *