banner 1198x899 banner 1198x899

BI Berperan Penting Jaga Stabilitas Keuangan dan Perekonomian

MANADO–Bank Indonesia (BI) memiliki peran penting dalam menjaga
stabilitas keuangan dan perekonomian. Sehingga berbagai penguatan kebijakan dan strategi bersama pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah (pemda) intens dibangun.

Deputi Kepala Perwakilan Divisi Perumusan dan Implementasi Kekda Bank Indonesia Sulut, Fernando Butarbutar mengatakan, di Sulawesi Utara (Sulut), sepanjang tahun 2022, strategi yang diandalkan adalah sinergi dan kolaborasi.

“Sinergi dan kolaborasi yang erat dengan segenap pemangku kepentingan termasuk pemerintah daerah adalah kuncinya. Ke depan kami harap dapat senantiasa diperkuat, untuk mendorong pemulihan ekonomi yang kuat dan berdaya tahan di tengah tantangan yang masih akan membayangi perekonomian Indonesia,” kata Fernando pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Sulut di aula BI, pada Rabu (30/11/2022).

Fernando, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintah daerah, instansi vertikal, mitra strategis kami di daerah, perbankan, pelaku usaha, teman-teman UMKM, media, dan seluruh pihak, atas kerja sama yang sudah berlangsung baik selama ini.

“Setiap tahunnya Bank Indonesia menyelenggarakan PTBI untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia ke depan, yang diikuti dengan arahan Presiden tentang kebijakan pemerintah ke depan.

“Pandangan dan arahan ini dapat menjadi acuan bagi pemangku kepentingan, khusunya bagi pelaku industri, investor, dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan atau keputusan bisnis ke depan,” kata Fernando.

Pada PTBI tahun ini BI mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”.

Sinergi kebijakan menjadi kunci yang telah membawa Indonesia dapat tetap berdaya tahan dan mampu melewati tantangan berat. “Inovasi merupakan elemen penting menghadapi dinamika pesatnya perubahan dan tantangan ketidakpastian yang semakin kompleks,” sahutnya.

Kesempatan ini, BI Sulut memberikan anugerah apresiasi kepada mitra-mitra terkooperatif dan terkolaboratif sepanjang 2022, dalam pelaksanaan seluruh program kerja Kantor Perwakilan BI Sulut.
PTBI dihadiri sejumlah pejabat Pemprov Sulut, perbankan dan perwakilan kepala daerah se Sulut.(tha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *