banner 1198x899 banner 1198x899

Sambut HUT Provinsi ke 58, Gubernur Olly Ziarah ke Mantan Gubernur Sulut di TMP Kalibata

 

MANADO–Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ke-58 pada tanggal 23 September 2022, Gubernur Olly Dondokambey, SE berziarah dan tabur bunga di makam para mantan Gubernur Sulut di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu (21/09/2022) pagi tadi.

Selain menjadi tradisi setiap menyambut HUT Provinsi, ziarah tersebut sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) kepada para mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

“Dalam rangka memperingati HUT Ke-58 Provinsi Sulawesi Utara, hari ini saya melakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Sulut yang ada di Jakarta,”ujar Gubernur Olly.

Ziara di TMP Kalibata diawali dengan upacara penghormatan dan hening cipta kepada arwah para Pahlawan khususnya dari Sulawesi Utara dipimpin Gubernur Olly selaku inspektur. Sementara itu, Perwira Upacara dipercayakan kepada Rikiyut Risman Kapten Marinir NRP 20307/P. Usai upacara, ditemani Wali kota Bitung Maurits Mantiri, dan sejumlah Perwira Tinggi TNI/Polri asal Kawanua, Gubernur Olly menabur bunga di atas makam para Pahlawan yang juga mantan Gubernur Sulut.

“Saya berziarah dan tabur bunga ke makam Almarhum bapak F. J Tumbelaka, almarhum Bapak A.A Baramuli, Almarhum bapak G.H. Mantik dan Almarhum bapak Willy Lasut. Tentu ini semua sebagai bentuk penghormatan kita, sekaligus apresiasi dan pengakuan pemerintah provinsi. Semoga kita semua terus menjaga, mempertahankan, meningkatkan apa yang telah dicita-citakan para pendahulu kita dalam membangun Sulawesi Utara lebih hebat dan maju kedepan,”imbuh gubernur Olly.

Sehari sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw bersama jajaran pejabat eselon II di lingkup Pemprov Sulut melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para mantan gubernur dan wakil gubernur Sulut yang ada di Minahasa. Wagub Kandouw berziarah dan tabur bunga di makam mantan Gubernur (1945-1949), Dr GSSJ Ratulangi di Tondano, kemudian bertolak ke makam mantan Gubernur Sulut (2005-2015) Dr SH Sarundajang di Kawangkoan dan makam mantan Gubernur Sulut (2000-2005) Drs AJ Sondakh di Kanonang.

Terakhir, Wagub Steven Kandouw memimpn ziarah dan tabur bunga di makan Wagub Sulut (2000-2010) yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sulut pertama, Drs Freddy Sualang di Desa Leilem, Minahasa.

“Ini merupakan suatu wujub apresiasi serta wujud pengakuan. Mudah-mudahan jadi inspirasi kepada kita semua untuk menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan capaian-capaian yang sudah mereka torehkan,”ucapnya.(atha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *