banner 1198x899 banner 1198x899

BI Targetkan 91.000 Pengguna QRIS di Sulut

MANADO–Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan 91.000 pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran dengan metode QR Code dari BI ini dimaksudkan agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan total pengguna baru QRIS di Sulut per Triwulan Il tahun 2022 telah mencapai 67,65% atau 61.562 pengguna baru QRIS.

“ Sedangkan total pengguna baru QRIS di Sulawesi Utara per Triwulan Il tahun 2022 telah mencapai 67,65% atau 61.562 pengguna baru QRIS dari target 91.000 pengguna.
” Ini yang menjadi target BI sebanyak 91.000 pengguna baru QRIS, ” ungkap Arbo1nas di acara pembukaan kegiatan Basuara Fashion Street, pada Pekan QRIS Nasional Tahun 2022 di kawasan Megamas Jumat (19/08/2022).

Potensi untuk pengembangan QRIS di Sulut ungkap Arbonas masih besar. Bahkan menjadi market menarik bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) serta menjadi potensi peningkatan transaksi digital di masyarakat.

“Bank Indonesia terus melakukan inovasi fitur-fitur yang dimiliki QRIS yaitu QRIS TTM (Tanpa Tatap Muka), QRIS on Delivery, QRIS Ecosystem, QRIS CPM (Customer Presented Mode), QRIS TTS (Transfer, Tarik, Setor), dan QRIS Cross Border sehingga mendukung peningkatan transaksi secara online,” ungkap Arbonas.

Dia juga berharap penggunaan QRIS sebagai kanal pembayaran untuk mendukung transaksi di seluruh merchant diharapkan dapat berjalan secara berkesinambungan.

“Dengan adanya program pekan QRIS Nasional ‘Kawanua Digifest Basuara’, diharapkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat sehingga dapat meningkatkan wawasan dan user experience terkait implementasi penggunaan QRIS, serta wadah apresiasi bagi seluruh masyarakat di Sulut,” jelasnya.

Menariknya, untuk masuk ke lokasi, pengunjung diwajibkan untuk memiliki aplikasi QRIS. Hal itu sebagai upaya edukasi.

“Pengunjung yang masuk tempat acara ini, wajibmenggunakan aplikasi QRIS dengan potongan Rp1 sekali berkunjung. Makanya yang belum punya, disediakan booth untuk membantu pengunjung. Hal ini juga dimaksudkan menginspirasi masyarakat agar menggunakan QRIS,” ujar Arbonas.

Diketahui, untuk menarik perhatian masyarakat, Kantor Perwakilan BI menggelar Pekan QRIS Nasional Tahun 2022 dengan menyelipkan sejumlah kegiatan, antara lain Basuara Fashion Street, K-Pop/Dance & Fashion Show serta penukaran uang desain baru.
Turut hadir, Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut, Marwadi bersama pihak perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *