banner 1198x899 banner 1198x899

BI Kerjasama TNI AL Sasar 3 T Ekspedisi Rupiah Berdaulat

MANADO–Bank Indonesia (BI) kembali menyasar wilayah terluar, terdepan dan terpencil (3T) di Provinsi Sulawesi Utara dengan melaksanakan program bertajuk Ekspedisi Rupiah Berdaulat.
“Kali ini program Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujar Kepala KPw BI Sulut Arbonas Hutabarat, Sabtu (16/7) pekan lalu.

Dipaparkan Arbonas, timnya terjun ke empat titik di Kabupaten Kepulauan Talaud, yakni di Pulau Rainis, Pulau Karatung, Pulau Marampit dan Pulau Miangas. Sedangkan, di Sangihe yakni Pulau Marore dan Kalama.
“Kita lakukan selama sepekan,” imbuh Arbonas.
Dia menjelaskan distribusi uang untuk rupiah Berdaulat yang menjangkau seluruh wilayah tanah air, termasuk wilayah 3T yakni untuk memperkuat upaya tersebut, BI bersinergi dan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang juga memiliki tugas menjaga kedaulatan NKRI, pada aspek pertahanan.

Hal tersebut, katanya, diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) Dalam Rangka Pemanfaatan Sumber Daya yang Dimiliki Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut dalam Mendukung Pelaksanaan Tugas, antara Bank Indonesia yang diwakili oleh Deputi Gubernur BI, Arda S Budiman, dengan TNI-AL yang diwakili oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, di pangkalan Komando Armada I TNI AL Tanjung Priok, Jakarta.
Penandatanganan NK tersebut juga dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Kepala Departemen Pengelolaan Uang (DPU) BI dan Asisten Operasi KSAL (Asops KSAL) TNI AL.

Hal ini, kata Arbonas, merupakan perpanjangan atas perjanjian antara BI dan TNI-AL yang telah dilakukan sejak tahun 2012.
Melalui kerja sama antara BI dan TNI AL, telah direalisasikan 76 kali kegiatan Kas Keliling 3T dengan kunjungan kepada 399 pulau 3T.

Pada tahun ini, BI dan TNI AL memperluas jangkauan layanan kas keliling dengan program yang lebih terpadu dengan mengusung tema “Ekspedisi Rupiah berdaulat 2022” yang terdiri atas kegiatan kas keliling 3T sebanyak 16 kali bertempat di 16 provinsi dengan target sebanyak 81 pulau.(tra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *