Tiga Tahun Kepemimpinan Walikota Manado DR.Ir.GS.Vicky Lumentut SH Bersama Wawali Mor D.Bastian

INDONESIASATU.CO.ID:

MANADO- Tak terasa sudah Tiga Tahun berjalan, Walikota Manado DR.Ir.GS.Vicky Lumentut SH, M.Si, bersama Wakil Walikota Manado, Mor D. Bastian SE, memimpin Kota Manado.Kedua pasangan ini selalu berjalan bersama meraih banyak prestasi untuk mewujudkan Manado Cerdas 2020.

Dengan Visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 mewujudkan "Manado Pariwisata Dunia", inilah misi-misi Pemerintah Kota Manado periode 2016-2021 :

1.Mewujudkan pemerintahan denganpelayanan yang baik, bersih serta demokratis yang berorientasi kepariwisataan;

2.Mewujudkan masyarakat Kota Manado berdaya saing yang mendukung kepariwisataan;

3.Mewujudkan lingkungan asri dan lestari yang menopang kepariwisataan;

Visi "Manado Kota Cerdas 2021" adalah sebuah kota yang telah memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan kominikasi dalam mendukung program-program kota menuju kota layak huni, efisien dan berkesinambungan serta yang berwawasan lingkungan atau green based environment.

Dalam upaya mewujudkan Visi Manado Kota Cerdas (Smart City) pada tahun 2021, Pemerintah Kota Manado bersama masyarakat akan menyelenggarakan berbagai program terkait untuk pengelolaan kota dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan.

Ada delapan aspek system utama melalui program Kota Cerdas (Smart City) Pemerintah Kota Manado yang akan diselenggarakan, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart technology, smart mobility, smart healthcare, smart energy, serta smart citizen, yang kesemuanya bertujuan untuk menyukseskan 3(tiga) dimensi utama pembangunan kota Manado dalam 5(Lima) tahunh ke depan, yaitu Dimesnsi sosial(keamanan), ekonomi(daya saing), serta lingkungan(kenyamanan).

Program Manado Kota Cerdas (Smart City) sebagai infrastruktur dan sistem pengendali, akan mengawal pencapaian Visi melalui pelaksanaan 6(enam) misi yang tersimpul dalam 6(enam) kata-kata kunci sebagai singkatan CERDAS, C (Cendekia), E(Ekowisata), R(Religius), D(Daya Saing), A(Aman Nyaman), S(Sehat Sejahtera). (penhum/steven pande-iroot).

 

 

  • Whatsapp

Index Berita