Lurah Balang Induk Jeneponto dapat Jatah PTSL 1000 Sertifikat, Terbit Segini

samsir, 26 May 2019,
Share w.App T.Me

JENEPONTO,- Untuk di Kelurahan Balang Induk sendiri, jatah sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) 1000 dari kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Jatah dari 1000 sertifikat tersebut, yang bisa masuk permohonannya hanya kurang lebih 800. Sedangkan PTSL yang terbit hanya kurang lebih 700 sertifikat.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Ajudikasi PTSL 2018 bagian penandatanganan sertifikat, Yahya kepada Indonesiasatu.co.id, Sabtu (27/5/2019).

Dikatakan Yahya, terdapat beberapa kendala dari 800 PTSL itu tidak terbit di Pertanahan, Yaitu. Sudah ada serifikaf hak milik, ada tempakan sungai, dan ada non KTP.

"Kalau yang belum terbit itu khusus di Kelurahan Balang Induk masih ada kurang lebih 132 PTSL," kata Yahya.

Sementara itu, kepala Kelurahan Balang Induk, Kecamatan Binamu, Nasrawaty mengatakan sebelumnya telah membagikan 555 sertifikat ke warga. Itupun belum keseluruhan.

"Baru - baru ini saya ambil di Pertanahan 103 sertifikat, tapi saya sudah bagikan ke warga Jum'at kemarin. Penerbitan sertifikat berangsur, tidak satukaligus diterbitkan," kata Nasrwati sesaat lalu.

Nasrawaty juga mengaku masih ada kurang lebih seratus PTSL yang belum terbit di Pertanahan dengan berbagai alasan ketidak lengkapan berkas, terangnya.

Sebelumnya kantor Lurah Balang Iduk, digeruduk puluhan massa. Mereka menuntut dana pembayaran PTSL agar dikembalikan karena sertifikat tanah tak kunjung terbit.

Warga menuntut jika dana PTSL tidak dikembalikan, maka pihaknya akan melapor ke kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Jeneponto.

"Sertifikat yang dibagikan kemarin oleh Ibu Lurah Balang Induk adalah sertifikat yang lama di Pertanahan. Bukan itu yang dituntut warga," kata Oji.

Menurut Oji selaku perwakilan warga, ada 121 pemohon TPSL yang belum diterbitkan sampai sekarang sejak diprosesnya 2018 lalu. Kalaupun alasan berkas tidak lengkap atau tidak terpenuhi kenapa tidak disampaikan ke warga.

"Bagaimana mau terbit, tidak ada dari pihaknya yang datang mengukur lokasi. Padahal pembayaran sudah lama masuk di kelurahan sertifikat tidak terbit-terbit," ucap Oji meniru kekesalan warga.


Editor : Samsir
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu